Virus Asal Rusia Serang Hampir 100.000 Pengguna Situs WordPress

Sebuah virus asal Rusia yang disebut SoakSoak telah menginfeksi hampir 100.000 pengguna situs WordPress sejak hari Minggu (14/12/2014) lalu. Dilansir dari Techspot, laporan dari perusahaan keamanan cyber, Sucuri, menyebutkan bahwa hal ini membuat Google mem-blacklist 11.000 dari domain yang terinfeksi tersebut (hingga saat ini jumlah situs yang terinfeksi semakin bertambah).

Virus ini terbukti mampu meretas plugin WordPress yang disebut Slider Revolution yang berguna untuk memodifikasi file wp-termasuk template-loader.php. Setelah terinfeksi virus tersebut, file tersebut berubah menjadi wp-includes/js/swobject.js dalam setiap halaman situs.

Virus ini masih menyerang pengguna WordPress yang menggunakan Internet Explore pada Windows dan juga membuat sejumlah sistem yang terinjeksi menjadi gambar sementara yang lainnya menyerang kekebalan instalasi WordPress.
Untuk mengembalikan file yang telah terinfeksi bukanlah solusi utama untuk membunuh virus ini karena virus ini masih akan meninggalkan jejak dan menutup akses utama menuju WordPress. Satu-satunya cara menyingkirkan infeksi virus ini adalah dengan memastikan plugin Slider Revolution yang Anda miliki terus di-update, meskipun menurut Sucuri hal ini terbilang sulit.

Berdasarkan laporan dari Sucuri, masalah terbesarnya adalah plugin RevSlider adalah plugin premium berbayar sehingga tidak semua orang dapat dengan mudah meng-upgrade-nya. Hal ini sendiri nantinya akan menjadi bencana bagi sang pemilik situs WordPress. Terlebih, beberapa situs bahkan tidak tahu kalau mereka memiliki plugin ini karena menyatu dengan tema yang ada.

loading...

loading...
Loading...
Virus Asal Rusia Serang Hampir 100.000 Pengguna Situs WordPress | akbar | 4.5