Tujuh Manfaat Bermain Untuk Anak

Permainan merupakan sarana aktivitas yang mencerminkan perilaku, pandangan, kecenderungan dan kualitas yang ada dalam diri anak. Maksudnya, bahwa permainan menunjukkan bukti kepribadian seseorang secara umum.

Ketika sebuah permainan diberikan kepada anak, terlihat masing-masing anak memiliki cara bermain yang berbeda dengan anak lainnya. Kita dapat mengetahui perilaku anak melalui pengamatan dan penelitian berbagai gerak dan aktivitas yang dilakukan, sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa anak ini memiliki bakat dalam perencanaan dan pelaksanaan program ataupun tidak. Ada anak yang memiliki kecerdasan dalam bertindak, terutama terhadap keadaan darurat dan ada anak lain memiliki potensi dalam mengkaryakan dan meniru sesuatu yang nyata, yang dialaminya.

Berikut ini beberapa manfaat bermain untuk anak seperti yang dikutip dari majalah Perkawinan & keluarga :

1. Permainan gerak dan fisik sangat penting bagi pertumbuhan otot anak dan mengembangkan kemahiran bereksplorasi. Berlatih mengumpulkan benda, mengatur dan menyusun kembali.

2. Permainan memberikan peluang bagi anak untuk belajar. Melalui permainan dan sarana yang tersedia, anak akan mudah untuk mengenal bentuk, warna, ukuran dan model. Dia juga belajar kecakapan bereksplorasi, menyusun dan merapikan, serta berbagai pengalaman berharga, yang tidak bisa didapatkan dari sumber lainnya.

3. Anak dapat belajar melalui permainan bagaimana membangun hubungan sosial yang baik dengan orang lain. Dia berusaha agar hubungan terjalin, dapat membawanya pada kesuksesan, dan belajar bagaimana cara bekerja sama dengan sesama teman, atau orang yang lebih tua.

4. Dengan permainan, anak dapat belajar berbagai nilai, dan pemahaman antara yang benar dan salah. Dia dapat belajar banyak tentang akhlak, seperti: adil, jujur, amanah, menahan emosi, dan menghadapi kekalahan serta menerimanya.

5. Anak dapat mengekspresikan potensi konstruktif dan kreatif dengan permainan. Dia selalu mengekspresikan lintasan ide yang ada di fikirannya melalui permainan. Bermain lingkaran dan gambar dapat mengembangkan kemampuan dirinya dalam berkreasi.

6. Melalui permainan, anak dapat menemukan banyak pengetahuan tentang dirinya. Dia mendapatkan berbagai keterbatasan yang ada dalam diri seseorang, jika dibandingkan dengan teman sebayanya. Dia pun mengenal problematika yang dihadapi dan cara menyelesaikannya.

7. Bermain merupakan salah satu cara yang dapat membentuk terapi sosial. Dalam permainan bebas, anak dapat mengekspresikan permasalahan dan problem kejiwaan yang sedang dihadapi. Dalam beberapa penelitian menunjukkan, bahwa anak yang diberikan peluang untuk beraktifitas dan bermain di rumahnya, lebih baik dari anak yang tinggal di rumah dengan berbagai ikatan, perintah dan larangan.

Permainan dapat membebaskan anak dari kekangan, membuka fikiran dan memunculkan imajinasinya. Dia akan terus berlatif dengan berbagai karya kreatif, menyelami diri melalui permainan, karena bermain merupakan kesempatan terbaik untuk bekerja, teliti, pembiasan dan latihan. Dia akan belajar berbagai kejadian hidup dengan bermain, bereksplorasi, dan mencoba berbagai cara untuk melakukan sesuatu, sehingga dia akan mengenal betul potensi dirinya.

loading...
Loading...
manfaat buah cermin

Tujuh Manfaat Bermain Untuk Anak | lawas | 4.5