Tips Sehat Saat Buka Puasa

Buka puasa sering dijadikan sebagai ajang ‘balas dendam’ karena seharian kita tidak diperbolehkan untuk makan maupun minum. Pastikan untuk tetap menjaga dan mengontrol gizi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi saat buka puasa.

Agar buka puasa terasa nikmat dan menyenangkan, maka sangat penting untuk mengontrol nafsu makan. Makan berlebihan sangat tidak baik, apalagi bila menjadikan buka puasa sebagai ajang balas dendam.

Tips Buka Puasa Tetap Sehat dan Menyenangkan

Berikut adalah tips bagaimana cara menjadikan buka puasa tetap sehat dan menyenangkan sebagaimana yang dikutip dari laman Alarabiya:

1. Karbohidrat yang baik

Tidak cukup hanya dengan menyertakan sayuran di dalam menu makanan, namun anda juga tidak boleh melewatkan karbohidrat. Berbukalah dengan sumber karbohidrat kompleks seperti beras merah, pasta gandum, roti, maupun kentang.

2. Menggabungkan protein

Energi tubuh yang hilang saat berpuasa dan dikembalikan dengan konsumsi protein. Pilihlah protein esensial tanpa lemak seperti susu, telur, keju, yogurt, ikan, dan unggas. Semua makanan itu mengandung protein berkualitas tinggi. Bila anda adalah seorang vegetarian, maka anda bisa memperoleh sumber protein lainnya dari konsumsi kacang-kacangan.

3. Hindari makanan tinggi lemak, garam, dan gula

Metode dalam memasak untuk menu buka puasa juga sangat penting untuk diperhatikan. Cara terbaik mengolah resep favorit selama Ramadhan adalah dengan cara merebus, memanggang, serta mengukus. Sebaiknya hindari makanan yang digoreng. Untuk membuat makanan terasa lebih lezat, anda bisa menambahkan bumbu rempah-rempah lainnya tanpa harus menambahkan banyak garam ke dalamnya. Untuk menghindari meningkatnya kadar gula dalam darah, maka jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan untuk serta hindari konsumsi permen.

4. Jangan buru-buru

Pastikan saat buka puasa anda tidak makan dengan terburu-buru, santai saja. Karena dengan makan terburu-buru hal itu dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya. Penting bagi anda untuk mengontrol diri dengan porsi makan yang masuk akal dan tidak melebihi dari jumlah yang biasanya anda makan.

Itulah tips bagaimana cara menjadikan buka puasa tetap sehat dan menyenangkan yang dapat diterapkan. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads

Loading...
Tips Sehat Saat Buka Puasa | akbar | 4.5