Tips Puasa Sehat untuk Penderita Sakit Maag

Tinggal menghitung hari, bulan puasa Ramadhan akan segera tiba. Pada bulan itu, semua umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa dengan menahan lapar mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Yang artinya, sekitar 13 jam tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan dan minuman sedikitpun.

Tips Aman Berpuasa untuk Penderita Sakit Maag

Termasuk untuk yang sedang menderita sakit maag ringan, maka puasa tetap harus dijalankan. Bahkan manfaat puasa juga disebut-sebut bisa menyembuhkan penyakit maag ringan yang biasanya disebabkan oleh tidak teraturnya jam makan.

Namun agar penderita maag bisa tetap berpuasa tanpa gangguan masalah lambung ini, maka penderita maag yang ingin berpuasa bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

1. Agar tidak terlalu lama perut kosong selama berpuasa, maka lakukan makan sahur mendekati waktu imsak.

2. Hindari makan yang bisa memicu asam lambung, misalnya makan pedas. Makanan pedas baik dari cabai, atau merica, asam, kafein, atau minuman bersoda harus anda lindungi selama bulan Ramadhan.

3. Saat waktu berbuka sudah tiba, maka segeralah berbuka. Untuk berbuka puasa, mulailah dengan makanan yang manis secukupnya. Ini penting untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh.

4. Lakukan makan secara bertahap. Saat berbuka puasa sebaiknya jangan langsung menyantap makanan besar (nasi dan lauk pauknya). Cukup dengan yang ringan dulu. Makan buah kurma misalnya.

5. Lakukan makan berat setelah shalat Magrib, kira-kira satu jam setelah berbuka agar kadar gula darah dan cairan tubuh kembali ke posisi normal.

6. Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat pada waktu sahur bisa membantu membuat proses pengosongan lambung berjalan lambat. Dengan demikian, anda tidak akan cepat merasa lapar serta bisa mencegah asam lambung naik.

Namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka ada baiknya sebelum tiba bulan puasa, sebaiknya anda terlebih dahulu pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan terkait masalah lambung yang sedang anda alami. Bila ternyata boleh puasa, maka anda bisa ikut menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan.

Itulah beberapa tips untuk penderita sakit maag yang ingin berpuasa di bulan Ramadhan ini. Semoga dapat membantu.

loading...
Loading...
Tips Puasa Sehat untuk Penderita Sakit Maag | lawas | 4.5