Tips Memilih dan Membeli Hewan Kurban yang Sehat

Menjelang hari raya Idul Adha atau Idul Kurban, banyak bermunculan di pinggir jalan pedagang yang menjual hewan untuk kurban seperti kambing dan sapi. Sayangnya, tidak semua pedagang menjual hewan kurban berkualitas baik. Karena terkadang ada oknum pedagang nakal yang menjual hewan kurban berpenyakit, seperti penyakit ataupun ada yang tidak memenuhi syarat untuk berkurban. Khusus untuk hewan berpenyakit tentulah akan sangat membahayakan untuk dikonsumsi.

Maka dari itu, kita sebagai calon pembelilah yang harus pandai dalam memilih hewan kurban yang baik dan sehat. Selain memilih sapi atau kambing yang gemuk, saat membeli hewan kurban, hindari membeli hewan yang tidak sehat. Sapi yang sehat adalah yang tidak pincang, badannya tegap, mata bersinar tanpa kotoran mata (belekan), tanduk tidak patah, dan tidak kurus. Selain itu bulunya juga bersih mengkilap, tidak kotor atau gimbal, tidak ada cacat pada telinga, kaki, dan mata.

Hewan kurban yang sehat juga tidak boleh mengeluarkan cairan (darah) dari lubang-lubang hewan seperti mata, hidung, teling, mulut, ataupun anus. Kelincahan hewan juga bisa menentukan kesehatan hewan. Hewan yang cenderung lemas dan loyo bisa saja mengidap penyakit.

Tidak hanya itu, kuku hewan juga tak boleh lepas dari perhatian. Jangan membeli hewan kurban yang memiliki luka di kaki atau kuku hewan tersebut. Kalau ada luka, bisa saja hewan tersebut sudah terinfeksi kuman. Apalagi kalau tempat penampungannya juga tidak bersih.

Pastikan juga bahwa hewan kurban yang kita beli memenuhi syarat untuk hewan kurban, yaitu berumur satu tahun untuk kambing atau domba dan umur dua tahun untuk sapi atau kerbau. Adapun ciri-cirinya adalah sudah tumbuh gigi tetap.

Agar lebih yakin bahwa hewan yang akan dibeli adalah hewan yang sehat, maka ada baiknya bila membeli hewan kurban yang sudah disertai surat keterangan sehat. Dimana surat keterangan kesehatan hewan kurban ini dikeluarkan oleh dinas peternakan di masing-masing daerah. Itu sebagai jaminan jika hewan yang dijual benar-benar sehat untuk dikonsumsi. Walaupun harganya sedikit lebih mahal.

loading...
Loading...
Tips Memilih dan Membeli Hewan Kurban yang Sehat | lawas | 4.5