Tips Memakai Lensa Kontak Agar Aman dan Nyaman

Tips Cara Memakai Lensa KontakPemakaian lensa kontak yang langsung ditempelkan ke kornea mata membuat penggunaan lensa mata lebih nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas tanpa harus berkali-kali sibuk mengatur posisi kaca mata. Sayangnya, karena cara memakai lensa kontak yang langsung menempel di kornea mata, ini membuat mata menjadi rentan terhadap iritasi maupun gangguan kesehatan mata lainnya. Karena itu, perlu dilakukan perawatan lensa kontak yang benar dan tepat.

Tips Memakai Lensa Kontak Agar Aman dan Nyaman

Agar memakai lensa kontak tidak menyebabkan gangguan pada mata, berikut adalah tips memakai lensa kontak yang perlu anda perhatikan dan lakukan:

  • Pastikan anda sudah memeriksakan mata ke dokter sebelum memakai lensa kontak. Pasalnya, ada beberapa kondisi (kontra indikasi) yang membuat seseorang sama sekali tidak boleh memakai lensa kontak. Misalnya, alergi atau infeksi yang masih aktif atau reflek mengedip terganggu (penderita belspalsi atau kelumpuhan pada syaraf wajah), sehingga mata cenderung kering.
  • Pakailah lensa kontak yang cocok. Dokter akan menentukan lensa kontak yang cocok, tergantung kondisi mata, air mata, dan tujuannya. Jika memilih soft lens, biasanya dokter akan menyarankan dari jenis daily disposable.
  • Periksakanlah mata dan lensa anda setiap 6 bulan sekali. Jika ada tanda-tanda masalah pada mata, maka dokter akan menyarankan untuk mengubah lensa atau mengatur ulang jadwal pemakaian lensa kontak.
  • Jangan sembarangan membeli lensa kontak. Akan lebih baik bila anda membeli lensa kontak yang disertai resep dokter agar fitting lebih pas dan tidak menyebabkan komplikasi.
  • Minus terbatas. Dari produsennya, lensa kontak RGP (rigrid gas permeable) atau lensa kontak keras biasanya dibatasi hingga minus 25, sementara soft lens hanya tersedia sampai minus 10.
  • Komplikasi akibat soft lens berwarna. Untuk jenis mata sensitif, warna pada soft lens bisa menyebabkan iritasi. Secara umum, soft lens berwarna hanya bagus dipakai untuk mata normal untuk menunjang penampilan. Penggunanya harus mentaati kaidah-kaidah pemakaian lensa kontak dan memeriksakan mata secara berkala. Jika tidak nyaman, soft lens harus segera dilepas.
  • Waspadai mata merah. Termasuk mata gatal, mata berair, rasa tak nyaman, mata sakit, dan ketajaman penglihatan menurun, segeralah lepas lensa kontak dan periksakan ke dokter mata.
  • Bersihkan. Cara membersihkan RGP sama dengan soft lens, hanya cairannya saja yang berbeda. Saat ini sudah ada banyak cairan “all in one”, sekaligus pencuci, perendam, desinfektan, hingga lubrikan. Untuk mata sensitif bisa diganti dengan pembilas tanpa bahan pengawet.

Itulah tips memakai lensa kontak yang dapat kami berikan. Semoga memberikan manfaat.

loading...
About these ads

Loading...
Tips Memakai Lensa Kontak Agar Aman dan Nyaman | chsa | 4.5
-1 apa baik memakai lensa