Tips Melakukan Pengecekan Ban Mobil Saat Musim Hujan

Musim hujan identik dengan jalanan yang licin karena genangan air. Oleh karenanya keamanan ban mobil menjadi salah satu kunci keselamatan berkendara di musim hujan ini. Anda wajib mengecek ban mobil jika tak ingin meresikokan nyawa anda atau orang-orang yang anda kasihi.

Jadi apa saja yang perlu kita lakukan saat mengecek keamanan ban kita?

Cara Pengecekan Ban Mobil untuk Berkendara Saat Musim Hujan

Pertama-tama tentu saja mengecek alur/ ulir yang ada di ban. Kalau berhubungan dengan yang satu ini sebenarnya tidak harus menunggu musim hujan. Di musim keringpun berbahaya mengendarai mobil yang alur/ulir bannya sudah habis. Ban yang alur/ ulirnya sudah habis akan mengurangi kemampuan handling mobil. Daya angkutpun berkurang yang akan menyebabkan borosnya penggunaan bahan bakar.

Setiap ban pada dasarnya memiliki indikator yang dapat menjadi standar pengecekan alur/ulir. Perhatikan sisi samping ban, anda akan menemukan barisan segitiga yang mengarah ke tengah permukaan ban. Raba dan anda akan menemuka tonjolan kecil. Tonjolan kecil itulah indikatornya. Saat tonjolan kecil itu mulai rata, maka itulah saat anda harus segera mengganti ban anda.

Selain itu, periksa juga tekanan ban mobil anda minimal sekali sebulan, pastikan sudah memenuhi syarat tekanan ban mobil anda. Ban yang tekanannya tidak mencukupi akan mengalami lekukan-lekukan saat melewati jalan yang tidak rata. Lekukan ini akan membuat suhu dalam ban meningkat yang akan menyebabkan pecah ban.

Lakukan spooring dan balancing. Mobil yang rutin di spooring dan balancing akan dengan mudah menunjukan indikasi jika ada yang salah dengan ban mobil anda.

loading...
Loading...
meme musim hujan kalo gak pilet meteng

Tips Melakukan Pengecekan Ban Mobil Saat Musim Hujan | akbar | 4.5