Tips Ibu Hamil: Agar Bayi Lahir Sehat

tips agar bayi lahir sehatBanyak wanita yang selama masa kehamilan mengalami anemia. Untuk cara praktis mengenali anemia, wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk memeriksakan darahnya dua kali selama masa mengandung. Baiknya dilakukan di awal dan trimester terakhir kehamilan, demikian seperti yang disarankan oleh bidan Nurhayati Wantono dari Desa Tuko, Grobogan, Jawa Tengah.

Untuk yang anemia, bidan dapat memberikan tablet suplemen zat besi dengan dosis yang sesuai kebutuhan. Lalu, mereka diminta untuk melakukan pemeriksaan darah sebulan sekali. “Jika dinilai mengalami anemia berat, bidan akan merujuk ibu hamil ke dokter,” kata Nurhayati.

Untuk memantau kecukupan energi wanita hamil, saat memeriksa kondisi ibu hamil, bidan juga akan melakukan pengukuran lingkar lengan. Jika kurang dari 23,5 cm itu tandanya kurang energi kronis untuk beraktivitas normal.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan ibu hamil, bidan juga dapat memantau pertumbuhan janin. Dengan meteran dapat diketahui ukuran janin. Lalu, ada juga doppler, alat cek denyut jantung janin.

Ibu hamil tentu memerlukan tambahan energi selama mengandung. Tapi, tak pula perlu makan berlebihan. Kisarannya setara dengan 1,5 gelas susu. Tambahan energi tersebut bisa didapat dari makanan seperti ikan asin dan telur.

Sementara untuk memenuhi kecukupan vitamin dan mineral serta serat, ibu hamil sebaiknya rajin mengonsumsi buah-buahan.

loading...
Loading...
Tips Ibu Hamil: Agar Bayi Lahir Sehat | chsa | 4.5