Tips Cara Negosiasi Agar Bisa Mendapatkan Gaji yang Tinggi

Mendapatkan gaji besar di tempat kerja pastinya adalah harapan setiap orang. Itu pulalah yang menjadi alasan kenapa ia memilih untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Namun sebelum membahas tentang gaji, pastinya anda sudah harus lulus interview terlebih dahulu.

Negosiasi gaji biasanya akan dilakukan ketika proses interview selesai. Namun pada saat inilah anda harus berhati-hati, jangan sampai jumlah gaji yang anda ajukan justru membuat pihak HRD membatalkan anda menjadi salah satu anggota pekerja di perusahaan tersebut.

Jika diibaratkan, negosiasi itu bagai sebuah permain yang menjebak. Terlebih bila lawan anda merupakan HRD yang cerdas dan berpengalaman. Anda bisa dibuat menelan bulat tawaran gaji yang dia berikan. Sementara bila anda bersikukuh untuk mendapatkan gaji sesuai yang anda inginkan, anda pun bisa didepat sebelum anda diterima bekerja.

Nah, agar anda bisa mendapatkan gaji yang sesuai, maka berikut ini adalah cara negosiasi gaji dengan HRD yang dapat anda lakukan:

loading...

Ketahui kemampuan yang anda miliki

Anda tidak perlu ragu untuk meminta gaji yang tinggi. Yang perlu anda lakukan adalah kepandaian dalam bernegosiasi dan buktikan bahwa anda memang kompeten. Sikap ragu-ragu dan tidak percaya diri tidak akan mengantarkan anda pada angka yang diharapkan. Maka dari itu, ketahui apa yang anda inginkan, lalu berjuanglah untuk mendapatkannya.

Jangan terkesan memohon

Terkadang, banyak dari kita yang sangat menginginkan sebuah pekerjaan, sehingga tidak lagi mau berpikir panjang saat negosiasi gaji. Jangan melakukan kesalahan ini karena hal itu bisa membuat anda dihargai rendah.

Bila anda ingin 30 persen, ajukan 40 persen

Hal ini karena orang-orang HRD sudah mengetahui taktik permainan, sehingga mereka bisa menurunkan harga 27-28 persen. Oleh karena itu, ketika ditanya tentang gaji, anda harus meminta lebih tinggi dari yang anda inginkan sebenarnya. Bila mereka menyepakati harga yang anda ajukan, mari beralih ke poin selanjutnya.

Kalkulasi

Anda juga harus menghitung insentif dan bonus yang anda dapatkan di perusahaan sebelumnya, sehingga berpeluang mendapatkan lebih. Karena bila tahu anda dibayar mahal, maka perusahaan baru akan makin berpikir bahwa anda adalah orang yang kompeten.

Itulah tips cara negosiasi untuk mendapatkan gaji yang tinggi dengan pihak HRD saat melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat dan anda dapat bekerja di tempat idaman dengan gaji yang tinggi.

loading...
Loading...
Tips Cara Negosiasi Agar Bisa Mendapatkan Gaji yang Tinggi | akbar | 4.5