Tips Cara Mudah untuk Mengatasi Pilek Menggunakan Bahan Alami

Beragam penyakit bisa menyerang dengan mudah seseorang, terutama di saat perubahan musim seperti sekarang ini. Salah satu penyakit yang paling sering muncul adalah pilek. Karena pilek bisa dengan mudah menular kepada orang lain, maka penyakit ini sebaiknya segera diobati.

Salah satu cara mengobati pilek yang paling banyak dilakukan orang adalah dengan minum obat. Padahal, tanpa menggunakan obat medis pun pilek sebenarnya bisa diatasi. Apa dan bagaimana saja cara mengobati pilek?

Mengobati pilek bisa dilakukan dengan tanpa menggunakan obat. Berikut adalah beberapa hal yang bisa digunakan untuk mengobati pilek tanpa harus minum obat pilek:

1. Wedang Jahe

Minum wedang jahe tidak hanya menghangatkan tubuh, namun juga bisa membantu meredakan sakit kepala. Selain itu, wedang jahe juga dipercaya bisa mengatasi pilek. Bahkan aroma jahe yang kuat juga bisa mengatasi hidung tersumbat.

2. Minum Cinnamon atau Cardamom Tea

Teh cinnamon atau cardamom tea yang dikenal pula dengan nama kehwah atau kahwah bisa pula diandalkan untuk mengatasi pilek. Teh ini adalah minuman tradisional orang Afganistan. Untuk membuat teh ini, anda bisa merebus secangkir air. Tambahkan satu batang kayu manis, tiga butir kapulaga, setengah sendok teh kacang almon yang dihancurkan, sejumput saffron, serta gula pasir secukupnya. Proses perebussan ramuan ini dilakukan selama 20 menit dan minum tiga kali sehari.

3. Minum Madu

Madu yang bersifat antibakteri juga bisa membantu meredakan pilek dan sakit tenggorokan. Anda bisa mencampurkan sesendok teh madu dengan satu sendok makan perasan air jeruk lemon. Minum ramuan tersebut setiap empat jam sekali dalam sehari. Ramuan tersebut dipercaya bisa untuk mengencerkan dahak.

4. Makan Kuah Sup Ayam

Semangkuk sup ayam hangat bisa membantu menghangatkan tubuh dan juga mengusir pilek. Tidak hanya itu saja, kuah sup ayam juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa mengonsumsi sup ayam tiga kali sehari untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk meredakan pilek, anda bisa menambahkan bubuk merica pada kuah sup. Selain menghangatkan tubuh, pedasnya merica juga bisa mengatasi hidung tersumbat.

loading...
Loading...
Tips Cara Mudah untuk Mengatasi Pilek Menggunakan Bahan Alami | akbar | 4.5