Tips Cara Merenovasi Rumah Namun Tetap Ramah Lingkungan

Merenovasi rumah tidak hanya sekdar bagaimana caranya memperbaiki rumah agar terlihat lebih indah dan menarik lagi. Namun lebih dari itu, dalam merenovasi rumah juga perlu diperhatikan akan sisa-sisa barang yang sekiranya nanti tidak akan lagi digunakan.

Karena tentunya tidak akan semua barang bisa digunakan lagi. Dan jika terpaksa memang tidak bisa atau tidak cocok untuk digunakan lagi maka sudah pasti barang tersebut akan menjadi barang sampah.

Dengan banyaknya barang yang tidak terpakai, maka akan ada banyak sampah tidak berguna. Dari pada anda buang, maka anda bisa berikan pada yang memerlukannya.

Tips Cara Merenovasi Rumah yang Ramah Lingkungan

Dikutip dari laman arbroathherald, berikut ini adalah tips bagaimana cara merenovasi rumah yang ramah lingkungan. Diantaranya:

1. Daur ulang

Anda mungkin akan tergoda untuk menghancurkan semua dan memulainya lagi dari awal pada saat merenovasi ruangan atau rumah. Bila demikian, maka sebaiknya anda ubah kebiasaan buruk tersebut dan cermati apakah ada barang-barang yang nantinya bisa anda simpan atau dipakai kembali.

2. Pertimbangkan barang purna-pakai

Bisa jadi adalah ide yang cukup bagus untuk melakukan make-over rumah dengan menggunakan barang purna-pakai. Saat ini pun sudah ada banyak situs penjualan online yang menjual barang bekas yang masih berkualitas dengan harga yang murah, seperti lantai kayu, bak mandi, baskom, hingga peralatan dapur.

3. Pilah sampah

Anda perlu memilih dan memilah sampah yang anda hasilkan dalam dua kategori, daur ulang dan non-daur ulang pada saat merenovasi rumah. Pisahkan semua benda yang sudah benar-benar tidak terpakai dan yang masih bisa dimanfaatkan.

4. Sumbangkan barang bekas pakai

Anda bisa menyumbangkan barang yang sudah tidak lagi terpakai kepada orang lain yang mungkin masih bisa dimanfaatkan olehnya. Untuk itu anda bisa meninggalkannya di depan pagar untuk diambil tukang loak atau langsung dengan memberikannya kepada komunitas relawan yang mungkin membutuhkan.

5. Pilih cat yang tepat

Saat ini sudah ada banyak merk cat eco emulsion yang ramah lingkungan dan menggunakan bahan-bahan lokal. Untuk itu anda bisa pilih cat yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya cat berbasis air yang memiliki kandungan VOC (senyawa organik yang mudah menguap) lebih sedikit.

loading...
Loading...
Tips Cara Merenovasi Rumah Namun Tetap Ramah Lingkungan | akbar | 4.5