Tips Cara Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama

Printer adalah alat elektronik yang berfungsi untuk mencetak tulisan atau gambar ke media kertas. Salah satu kendala atau masalah yang sering muncul pada printer adalah di bagian cartridge. Agar printer bisa awet dan tahan lama serta tidak cepat rusak, maka printer harus dirawat dengan baik dan benar. Berikut ini beberapa tips dan cara sederhana merawat printer agar bisa awet, tahan lama dan tidak cepat rusak:

1. Baca buku panduan cara memakai printer yang disertakan saat membeli printer. Ikuti prosedur ada saat menghidupkan atau mematikan printer.

2. Meski Anda tidak sedang membutuhkan printer untuk mencetak, namun tetap usahakan untuk menggunakan printer 2 kali seminggu untuk mencetak, ini untuk mencegah agar tinta yang ada di cartridge tidak kering.

3. Pastikan untuk selalu menggunakan kertas dengan kondisi dan kualitas yang baik, jangan sampai menggunakan kertas yang kusut atau sudah rusak untuk mencetak agar kertas tidak macet saat melakukan proses printing.

4. Jangan mematikan printer langsung dengan cara memutuskan arus listrik dari stop kontak, usahakan untuk mematikan printer dengan menekan tombol power.

5. Untuk menghemat tinta dan supaya cartridge tidak cepat bocor, hindari mencetak tulisan atau gambar dengan full block atau mencetak tulisan atau gambar dalam ukuran besar dan membutuhkan warna yang pekat, kecuali memang diperlukan.

6. Gunakan tissue atau lap kain yang halus yang mudah menyerap cairan untuk membersihkan tinta di cartridge, cukup dengan menempelkan, jangan digosok bolak-balik.

7. Usahakan untuk tidak menyentuh bagian head cartridge secara langsung tanpa pelapis.

Sementara jika Anda mempunyai printer yang sudah di-infus maka ada sedikit tambahan tips bagaimana cara merawat printer infus, yaitu:

1. Jangan sering memindahkan printer infus dan letakkan tabung infus sejajar dengan printer.

2. Bersihkan gelembung udara yang ada di selang infus dengan cara melakukan cleaning menggunakan software bawaan dari printer yang di-infus.

3. Untuk mendapatkan kualitas cetakan yang bagus, selalu gunakan tinta dengan merk yang sama, jangan gonta-ganti merk tinta infus.

Semoga informasi tips dan cara merawat printer agar bisa awet, tahan lama dan tidak cepat rusak di atas dapat bermanfaat.

loading...
Loading...
Tips Cara Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama | lawas | 4.5