Tips Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Musim hujan membuat jalanan menjadi licin dan banyak genangan air bermunculan. Karena itu kita harus berhati-hati saat harus berkendara dengan menggunakan mobil. Jangan sampai terjadi kecelakaan akibat dari kekurang hatian kita dalam berkkendara.

Ketika musim hujan dimana banyak daerah rawan mengalami banjir, kendaraan mobil juga membutuhkan perhatian khusus di saat musim hujan, termasuk berhati-hati berkendara saat jalanan basah.

Ada beberapa tips cara berkendara dan merawat mobil di musim hujan. Berikut diantaranya sebagaimana yang diberikan oleh Kali ini PT Honda Prospect Motor (HPM) yang dikutip dari laman Otosia:

1. Sistem roda

Cek kondisi ban secara visual meliputi tekstur dan tingkat keausan ban. Lakukan penggantian ban bila hal itu terjadi dan periksa tekanan angin ban sesuai dengan spesifikasinya.

2. Sistem pengereman

Periksa ketinggian level cairan fluida rem, tambahkan bila kurang dari spesifikasinya

Periksa kondisi kanvas rem terhadap keausan, ganti bila ketebalannya di luar spesifikasinya

3. Sistem kelistrikan

Periksa kondisi kelistrikan kendaraan. Pastikan semua kondisi lampu-lampu dapat berfungsi dengan dengan baik. Dan pastikan pula seluruh komponen kelistrikan kendaraan dapat beroperasi dengan baik

4. Sistem Air Conditioner (AC)

Periksa kondisi AC, lakukan perawatan dengan mengganti filter AC bila tersedia. Pastikan temperatur pendinginannya bekerja dengan baik.

Pendinginan AC yang kurang baik dapat menyebabkan pengembunan di dalam mobil pada saat terjadi hujan.

5. Karet pintu

Periksa kondisi karet-karet pintu, pastikan kondisinya baik. Kondisi karet yang tidak baik yaitu karetnya telah mengeras sehingga sulit menyesuaikan dengan pintu saat ditutup sehingga dapat menyebabkan kebocoran.

loading...
Loading...
Tips Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan | akbar | 4.5