Tips Cara Merawat Lensa Kontak untuk yang Memakainya Setiap Hari

Lensa kontak kini tidak hanya sekear untuk membantu memperjelas pengliohatan penggunanya. Namun lebih dari itu, pemakaian lensa kontak kini juga sudah menjadi sebuah tren fashion dimana banyak orang yang bahkan sebenarnya tidak ada masalah dengan mata namun tetap memakai lensa mata demi sebuah gaya.

Namun perlu diketahui bahwa perawatan lensa kontak lebih sulit dibandingkan dengan perawatan kaca mata. Apalagi penggunaan lensa kontak selalu menempel di mata, jadi bila tidak dirawat dengan benar ini bisa menyebabkan masalah pada kesehatan mata, termasuk salah satunya adalah iritasi mata.

Cara merawat lensa kontak tidak hanya sekedar dengan membersihkannya, namun juga bagaimana cara menyimpannya dan kondisi tangan sangat akan memakai lensa kontak. dalam cara merawat lensa kontak, ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi saat mengenakan lensa kontak.

Cara Menjaga Kesehatan Mata untuk Orang yang Memakai Lensa Kontak Setiap Hari

Nah, bagi anda yang selama ini terbiasa memakai lensa kontak setiap hari, maka tips sederhana cara untuk merawat lensa kontak berikut ini layak untuk diperhatikan sekaligus sebagai cara untuk menjaga kesehatan mata bagi orang yang memakai lensa kontak setiap hari.

loading...

1. Cucilah tangan sebelum memegang lensa

Sebelum memegang lensa, pastikan bahwa anda sudah mencuci tangan. Anda bisa menggunakan sabun yang lembut tanpa parfum yang dapat meninggalkan lapisan ‘film’ di tangan yang mungkin dapat mengiritasi mata saat menyentuh mata.

2. Keringkan tangan

Hindari menyentuh lensa kontak dengan air biasa. Oleh karena itu, sebelum menyentuh lensa kontak seka terlebih dahulu jari-jari tangan anda hingga kering.

3. Bilas lensa kontak dengan benar

Saat dibiarkan di tempat terbuka dalam waktu lama, lensa dapat menumpuk kotoran dan bakteri. Karena itu bilaslah lensa kontak dengan benar setiap hari dengan cairan garam khusus.

4. Hindari air

Kandungan mikroorganisme yang ada dalam air mungkin dapat merusak mata, karena itu Jangan biarkan air bersentuhan dengan lensa kontak anda. Hindari juga berenang atau mandi saat anda memakai lensa.

5. Membersihkan tempat lensa kontak

Selain lensa kontak, wadah tempat menyimpan lensa kontak juga perlu dibersihkan secara rutin. Anda bisa membersihkan wadah tempat lensa kontak dengan cara mencucinya dengan air panas dan keringkan di udara kering. Anda juga dianjurkan untuk mengganti casing lensa kontak setiap beberapa bulan.

6. Jangan memakai lensa kontak untuk tidur

Anda tidak membutuhkan lensa kontak saat tidur. Anda bahkan perlu melepas lensa kontak saat tidur untuk mengistirahatkan mata. Karena itu pastikan anda tidak memakai lensa saat tidur dengan melepas lensa kontak sebelum pergi tidur.

7. Ganti lensa kontak saat terjadi infeksi

Segeralah berhenti memakai lensa kontak bila anda mengalami gatal-gatal yang tidak biasa atau kemerahan di mata setiap kali memakai lensa kontak. Mungkin anda harus mengganti lensa kontak dengan yang baru atau coba pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi mata jika infeksi yang dialami mata tidak juga kunjung sembuh.

Itulah beberapa tips cara merawat lensa kontak unutk pemakaian setiap hari agar menghindarkan mata dari infeksi atau masalah lain akibat pemakaian lensa kontak setiap hari. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
cara merawat tang

Tips Cara Merawat Lensa Kontak untuk yang Memakainya Setiap Hari | akbar | 4.5