Tips Cara Merawat Ban Tubeless Agar Awet dan Tahan Lama

Performa ban yang baik tidak hanya akan mempengaruhi kendaraan, namun juga dapat menunjang keselamatan dari si pengendara motor. Karena itu sangat penting untuk memperhatikan dan melakukan pengecekan tentang kondisi ban dari sepeda motor yang akan dikendarainya untuk beraktivitas berangkat kerja atau sekedar jalan-jalan.

Selain ban tubetype biasa, kini banyak orang mulai beralih untuk menggunakan ban tubeless. Berbagai alasan diberikan terkait penggunaan ban tubeless untuk sepeda motor ruda dua mereka.

Walau harga ban tubeles dibanderol sedikit lebih mahal dari ban biasa, namun dengan kualitasnya yang jauh lebih baik menjadi salah satu alasan kenapa orang lebih memilih untuk memakai ban tubeless.

Tips Cara Merawat Ban Tubeless Agar Awet dan Tahan Lama

Salah satu kelebihan penggunaan ban tubeless adalah ban jenis ini memiliki tekstur ban yang lebih keras dan lebih stabil sehingga diklaim lebih tangguh saat digunakan dalam kecepatan tinggi, dan tidak mudah kempis saat digunakan. Kelebihan ban tubeless yang lain adalah saat bocor pun, ban jenis tubeless juga diklaim masih dapat digunakan untuk sekadar ke tempat tambal ban.

Perawatan ban tubeless mutlak diperlukan agar penggunaan ban jenis ini bisa awet dan tahan lama. Nah, untuk anda yang belum tahu bagaimana cara merawat ban tubeless, berikut tipsnya.

Pada sepeda motor yang menggunakan jenis ban tubeles, pastinya jangan memberikan beban berlebih kepada ban. Selain itu pengendara juga harus melakukan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi kerusakan pada ban lebih dini.

Yang juga perlu diperhatikan juga adalah pada saat ban bocor jangan buru-buru untuk menutupnya dengan lem. Karena langkah tersebut dampaknya bisa menimbulkan kerusakan permanen pada permukaan yang tidak bocor seperti korosi pada scrat ban.

Untuk tips cara merawat ban tubeless yang terakhir, jangan mengurangi tekanan angin ketika ban masih dalam keadaan panas. Penyesuaian tekanan hanya dapat dilakukan saat ban dalam kondisi sudah dingin dan jangan berkendara dengan ban kempes sekalipun untuk jarak dekat karena hal itu dapat merusak pelek.

loading...
Loading...
cara membuat rantai orang ulu

Tips Cara Merawat Ban Tubeless Agar Awet dan Tahan Lama | akbar | 4.5