Tips Cara Merawat Aki Mobil

Aki yang merupakan pemasok listrik satu-satunya di mobil merupakan komponen paling penting, namun sayangnya sering tidak mendapat perawatan yang cukup dari pemilik mobil. Penyebabnya memang karena pemeliharaan aki cukup ribet. Namun aki yang dipelihara sudah pasti usianya akan lebih lama dibanding yang tidak dipelihara. Hal ini juga berarti lebih hemat biaya, mengingat harga aki yang tidak murah.

Berikut beberapa hal yang anda bisa lakukan dalam merawat aki mobil anda :

  • Biasakan mematikan semua bagian dari mobil yang menggunakan listrik dari aki sebelum mematikan mesin mobil, seperti AC, radio atau TV, lampu interior dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk mencegah beban kerja aki yang berlebihan ketika mobil dinyalakan lagi di lain waktu
  • Membersihkan bagian luar aki secara teratur : Debu atau kotoran yang bertumpuk di sekitar terminal aki akan mempengaruhi proses penghantaran arus. Kendurkan terminal lalu sikat sekitarnya yang kotor dengan menggunakan sikat yang sesuai. Jangan lupa untuk mengencangkan lagi terminal jika anda sudah selesai membersihkan
  • Selalu cek jumlah air elektrolit aki. Jika sudah dalam posisi LOW segera tambahkan sesuai aturan. Hati-hati dengan air elektrolit saat anda menambahkannya.
  • Mobil boleh jarang dipergunakan, tapi usahakanlah untuk rutin memanaskan mesin mobil dua hari sekali.
  • Cabut terminal aki mobil jika anda ingin “mengistirahatkannya” selama beberapa waktu. Hal ini dilakukan untuk mencegah alarm atau komponen mobil yang lain menguras tenaga aki anda, sementara aki tidak mencharge karena tidak digunakan.

Itulah beberapa tips cara merawat aki mobil yang bisa anda terapkan untuk mobil kesayangan anda. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Tips Cara Merawat Aki Mobil | akbar | 4.5