Tips Cara Merawat AC Mobil

Di negara tropis seperti Indonesia, yang bisa panas sekali ketika musim panas, dan hujan bisa turun deras sekali sampai mengurangi jarak pandang di musim hujan, sistem pendingin (AC) mobil adalah hal yang penting.

AC merupakan sistem yang menyedot cukup banyak energi. AC yang tidak terawat berarti konsumsi bahan bakar yang lebih banyak. Oleh karenanya AC perlu mendapat perawatan.

Tips Cara Merawat AC Mobil

Cara perawatan AC mobil tidaklah susah, berikut beberapa tipsnya yang bisa anda lakukan untuk merawat AC mobil

  1. Rajinlah membersihkan bagian dalam mobil anda. Interior mobil yang bersih = sirkulasi udara yang bersih = sistem pendingin yang bersih.
  2. Luangkan waktu untuk membersihkan kondensor AC supaya kerjanya tidak berat.
  3. Hindari memarkir mobil di tempat yang terik. Mayoritas pemilik mobil akan langsung menyalakan AC saat mesin menyala, Acpun akan dinyalakan pada posisi maksimal untuk mengurangi panas. Hal ini dapat merusak mesin AC dan tentu saja boros BBM. Jika tidak ada pilihan tempat parkirlain, bukalah jendela saat anda kembali ke mobil, biarkan panas dalam mobil keluar seiring berjalannya mobil anda, baru nyalakan AC dalam posisi rendah.
  4. Saat melaju kencang, jangan menggunakan AC dalam posisi kencang juga. Hal ini memberatkan kerja mesin dan boros BBM.
  5. Nyalakan AC setelah mesin mobil menyala (pastikan AC mati saat hendak menyalakan mobil), begitu juga saat mematikan. Matikan AC sebelum mematikan mesin mobil.
  6. Jika AC mulai terasa kurang dingi, bawa segera ke bengkel, supaya apapun masalahnya, bisa diselesaikan sebelum makin parah.

Itulah tips cara merawat AC mobil. Semoga dengan menerapkan tips cara merawat AC mobil diatas dapat membantu perjalanan anda jadi lebih menyenangkan dengan udara segar yang keluar dari AC mobil anda.

loading...
Loading...
Tips Cara Merawat AC Mobil | akbar | 4.5