Loading...

Tips Cara Menyimpan Agar Santan Kelapa Tidak Cepat Basi

Santan kelapa sering digunakan sebagai bahan sekaligus bumbu penyedap masakan. Sayangnya, terkadang kita tidak bisa langsung menghabiskan dalam sekali pemakaian. Padahal, santan kelapa termasuk cepat basi.

Namun, cara menyimpan santan kelapa yang benar akan membuat santan tidak mudah basi alias tahan lama. Berikut tips cara menyimpan santan:

Cara menyimpan santan dalam jangka panjang

  1. Rebus santan dengan sedikit garam, dinginkan, dan taruh dalam plastik. Setelah itu masukkan ke dalam frezzer. Santan bisa bertahan selama 1 bulan.
  2. Simpan santan dalam plastik atau wadah tertutup rapat. Masukkan ke dalam freezer dan biarkan beku. Dengan cara ini, santan bisa bertahan sampai 3 bulan. Cairkan sekira 24 jam sebelum digunakan.
  3. Simpan dengan cara pengalengan. Dengan cara ini, santan bisa bertahan selama 2 tahun.

Cara menyimpan santan dalam jangka pendek

  1. Masukkan cabai merah ke dalam santan sebelum disimpan dalam lemari pendingin. Santan akan segar selama beberapa hari.
  2. Masukkan santan dalam wadah atau plastik tertutup dan masukkan ke dalam lemari es. Santan bisa bertahan 4-6 hari.
  3. Parut kelapa yang belum diperas, siram dengan air panas terlebih dahulu, lalu didinginkan. Setelah itu, masukkan ke dalam lemari pendingin. Peras parutan kelapa jika hendak digunakan.
  4. Parut kelapa disiram air panas atau direbus lalu dinginkan. Simpan dalam wadah (tidak dalam kulkas) dan rebus kembali setiap 6 jam. Santan bisa bertahan selama 24 jam.

loading...
Loading...
tips agar air kelapa tidak cepat basi, cara menyimpan air kelapa, agar air kelapa tidak cepat basi, cara menyimpan air kelapa muda, cara menyimpan air kelapa agar tidak basi, cara mengawetkan air kelapa muda, bagaimana cara mengawetkan air kelapa, cara menyimpan air kelapa agar tidak cepat basi, Cara menyimpan air kelapa hijau, air kelapa biar tidak basi, cara menyimpan kelapa, agarcair dogan gak basi, tips menyimpan air kelapa muda

Tips Cara Menyimpan Agar Santan Kelapa Tidak Cepat Basi | lawas | 4.5