Tips Cara Mengusir Nyamuk dari Rumah

Selain menyebabkan gatal, gigitan nyamuk juga bisa membawa berbagai macam penyakit, termasuk salah satunya adalah penyakit demam berdarah. Karena itu, sebisa mungkin hindari nyamuk berkeliaran di rumah.

Untuk mengusir nyamuk dari rumah, salah satu cara yang paling umum dilakukan adalah dengan menggunakan obat nyamuk. Ada banyak jenis dan merk obat nyamuk, ada obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot, obat nyamuk dalam bentuk lotion dan ada juga obat nyamuk listrik.

Namun karena semua itu bahan untuk membuat obat nyamuk yang digunakan adalah bahan kimia yang tentu saja bisa berbahaya bagi kesehatan, maka perlu digunakan cara yang alami untuk mengusir nyamuk dari rumah.

Ada beberapa cara alami untuk mengusir nyamuk dari rumah yang bisa dilakukan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Mencegah adanya genangan air

Genangan air, baik itu dalam kaleng atau kolam bisa menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk. Dengan menutup genangan air, mengubur kaleng bekas dan menguras kolam atau dengan memelihara ikan di kolam bisa menghambat perkembang biakan nyamuk di sekitar rumah.

2. Membersihkan Sisa-Sisa Air Hujan

Membersihkan sisa-sia air hujan juga perlu dilakukan. Adanya genangan-genangan kecil yang disebabkan karena air hujan juga bisa menjadi sarang nyamuk. Perhatikan juga talang air dan berbagai tempat yang mungkin menjadi genangan air setelah hujan.

3. Memangkas Tanaman

Banyaknya tanaman yang tumbuh liar dan rimbun juga bisa menjadi sarang nyamuk. Karena itu, memotong semak yang sudah tumbuh tinggi, rumput ilalang serta tanaman liar lainnya yang ada di sekitar halaman dan pekarangan rumah bisa membantu mengurangi populasi nyamuk di rumah.

4. Periksa Kasa Jendela

Memasang kasa pada setiap jendela atau angin-angin lubang udara akan menghambat nyamuk masuk ke rumah.

5. Biarkan Udara dan Sinar Matahari Masuk Rumah

Nyamuk menyukai tempat yang gelap dan juga lembab. Karena itu, usahakan agar setiap ruangan yang ada di rumah tidak lembab. Caranya adalah dengan membuka jendela saat siang hari.

Membuka jendela, selain akan memberikan kesegaran karena udara bisa keluar masuk dengan bebas, juga sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah. Rumah akan jadi lebih sehat dan nyamuk pun akan pergi jauh.

6. Hindari Jenis Wewangian Yang Disukai Oleh Nyamuk

Ada beberapa jenis wewangian yang justru disukai oleh nyamuk. Termasuk juga wewangian jenis aroma buah dan bunga. Namun demikian, menurut beberapa sumber aroma bunga lavender justru ampuh untuk mengusir nyamuk.

7. Gunakan Anti Nyamuk Alami

Daripada menggunakan obat nyamuk dari bahan kimi, lebih baik anda menggunakan obat nyamuk alami. Beberapa jenis wewangian dan tanaman dipercaya bisa menyingkirkan nyamuk dari rumah. Contoh jenis wewangian yang efektif menyingkirkan nyamuk di rumah adalah minyak serai, minyak kayu manis, minyak cengkeh, minyak rosemary, minyak cedar dan minyak peppermint.

Anda juga bisa menaruh beberapa tanaman pengusir nyamuk di rumah. Beberapa jenis tanaman yang dipercaya bisa mengusir nyamuk misalnya adalah lain lavender (Lavandula angustifolia), basil (Ocimum basilicum), dan rumput Citronella (Cymbopogon nardus).

Untuk cara mencegah gigitan nyamuk lainnya, ada baiknya pula jika anda menahan diri untuk tidak keluar rumah pada petang hari, sekitar matahari terbenam. Pasalnya, saat matahari terbenam, nyamuk cenderung lebih aktif. Kalaupun terpaksa harus keluar rumah, maka anda bisa menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang untuk mencegah gigitan nyamuk.

loading...
Loading...
Tips Cara Mengusir Nyamuk dari Rumah | lawas | 4.5