Tips Cara Mengobati Sakit Kepala Tanpa Harus Minum Obat Sakit Kepala

Pusing atau sakit kepala adalah salah satu keluhan kesehatan yang paling umum dan sering dialami. Saat kepala terasa pusing, maka kepala akan terasa nyeri dan membuat seseorang kehilangan keseimbangan. Meski kadang ada yang mengabaikan sakit kepala, namun bila dibiarkan tentulah akan mengganggu aktivitas keseharian.

Ada banyak faktor penyebab sakit kepala, misalnya adalah karena makanan, pola hidup kurang sehat atau bisa juga akibat dari kurang olahraga.

Cara terbaik dan ampuh untuk mengobati sakit kepala adalah dengan minum obat. Namun, selain menyebabkan kecanduan, terkadang karena terlalu sering minum obat sakit kepala akan justru membuat seseorang semakin sering mengalami sakit kepala, karena itu tidak ada salahnya bila sakit kepala jangan buru-buru minum obat. Sebenarnya ada enam cara alami yang bisa kita lakukan untuk meredakan pusing atau sakit kepala ringan tanpa harus minum obat.

Berikut diantaranya yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit kepala tanpa minum obat sebagaimana yang dikutip dari Wikihow:

1. Duduk atau berbaring
Bila anda merasa pusing ketika berdiri, cobalah duduk atau segera berbaring. Biasanya ini bisa membantu meringankan sensasi berputar.

Bila anda duduk, cobalah meletakkan kepala di antara kedua kaki. Cara ini bisa meningkatkan aliran darah ke otak. Tetaplah duduk atau berbaring selama 1-2 menit, atau sampai pusing yang anda rasakan hilang.

2. Minum air
Kurang minum atau dehidrasi bisa menyebabkan sakit pusing. Karena itu, setelah pusing hilang, perbanyaklah minum air.

Apabila anda tidak bisa minum banyak air putih, maka cobalah minum cairan lain seperti minuman energi, teh panas dengan sedikit gula, sup dan kaldu, atau jus buah yang diencerkan.

3. Makanlah sesuatu
Selain kurang cairan, penyebab pusing juga bisa karena kadar gula darah yang rendah. Terutama untuk penderita diabetes. Karena itu, saat anda pusing, cobalah makan makanan ringan tinggi karbohidrat atau gula. Sebungkus coklat atau pisang adalah pilihan tepat.

4. Fokus pada tempat tertentu
Ketika tampil, penari kerap melakukan gerakan berputar. Untuk mencegah pusing, mereka memfokuskan pandangan mata pada satu titik. Teknik yang sama bisa anda tiru ketika pusing. Memfokuskan mata pada tempat tertentu akan membantu indera anda menyadari bahwa anda tidak benar-benar berputar.

5. Tarik napas dalam-dalam
Pusing bisa saja muncul ketika anda mengalami cemas dan stres. Saat cemas, napas menjadi tidak teratur. Jika ini terjadi, cobalah bernapas perlahan dan dalam. Ini akan membantu anda untuk tenang dan mengurangi pusing.

6. Hindari cahaya terang
Ketika anda merasa pusing, cobalah untuk menghindari cahaya terang seperti cahaya dari televisi, komputer, atau laptop. Karena cahaya terang bisa menyebabkan anda merasa bingung dan membuat semakin pusing. Cobalah duduk atau berbaring di ruangan yang gelap, atau anda juga bisa menutup mata selama satu atau dua menit.

Demikian tentang cara mengobati sakit kepala tanpa harus minum obat sakit kepala. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Tips Cara Mengobati Sakit Kepala Tanpa Harus Minum Obat Sakit Kepala | lawas | 4.5