Tips Cara Menghindari Kejahatan Oleh Oknum Pembantu Rumah Tangga

Jasa pembantu rumah tangga (PRT) dipilih untuk membantu agar kerja kita di rumah bisa lebih ringan. Kita biasanya memilih untuk menggunakan pembantu rumah tangga untuk membantu kita dalam merawat rumah dan membersihkan rumah, memasak atau mungkin juga untuk merawat dan menjaga anak kita yang masih kecil. Sayangnya, menggunakan jasa pembantu rumah tangga ini bila tidak hati-hati justru bisa menjadi bumerang bagi kita.

Beberapa kejadian buruk atau tindak kejahatan yang melibatkan pembantu rumah tangga pun sudah sering kita dengan. Sebut saja beberapa waktu yang lalu diberitakan mengenai terbakarnya rumah istri ustad Jefri, ummi Pipik yang ternyata salah satu pelakunya adalah pembantu rumah tangganya sendiri.

Ada juga yang terbaru, kasus dugaan penganiayaan terhadap seorang balita menimpa salah satu keluarga di wilayah Bekasi. Jason (3,6), putra pasangan Janter Pinter Simanjuntak dan Elvin Sianipar, meregang nyawa akibat dianiaya oleh PRT yang baru dipekerjakan selama 10 hari.

Untuk mencegah hal-hal atau tindak kejahatan agar tidak menimpa anda, maka saat akan memilih pembantu rumah tangga sebaiknya memperhatian beberapa hal berikut ini untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, sebagaimana yang dikutip dari Kompas.com:

Untuk anda yang ingin mempekerjakan pembantu, anda diharuskan untuk mengetahui secara benar tentang asal-usul calon pekerja, alamat rumah, dan juga nomor teleponnya. Untuk memastikannya, cek kartu tanda penduduknya (KTP).

Periksalah alamat calon pembantu yang dimaksud pada KTP. Namun, tidak sebatas hanya melihat KTP saja, anda juga disarankan untuk mengetahui kebenaran dari alamat yang tertera tersebut. Ada siapa di sana, saudaranya atau orangtuanya, dan lain-lain.

Selain itu, anda juga sebaiknya mengetahui alamat dan nomor telepon keluarga dan kerabat dari calon pembantu yang akan bekerja di rumah anda. Dengan demikian, apabila nantinya terjadi sesuatu, maka anda bisa langsung menghubungi mereka.

Jangan lupa, simpan juga foto pembantu rumah tangga anda. Hal ini bertujuan agar nantinya terjadi sesuatu anda bisa dengan mudah menemukan pembantu anda yang (mungkin) menghilang karena sesuatu hal.

Semoga informasi tentang tips cara terhindar dari kejahatan yang dilakukan oleh pembantu rumah tangga (PRT) di atas dapat memberikan manfaat.

loading...
Loading...
Tips Cara Menghindari Kejahatan Oleh Oknum Pembantu Rumah Tangga | lawas | 4.5