Tips Cara Menghindari Kecelakaan Beruntun di Jalan Raya

Sering kita mendengar berita tentang adanya kecelakaan beruntun di jalan raya. Biasanya penyebab terjadinya kecelakaan beruntun di jalan raya adalah karena pengemudi tidak bisa mempertahankan jarak aman atau karena tidak bisa mengantisipasi pergerakan kendaraan di depannya.

Selain mengetahui posisi jarak aman dalam satuan meter, pengemudi juga bisa menggunakan satuan waktu.

Berdasarkan standar internasional, pengemudi harus menjaga jarak tidak boleh di bawah 3 detik dengan kendaraan di depannya. Namun untuk lebih aman, pengemudi bisa mematok jarak 5 detik. Hal ini dikarenakan waktu tersebut merupakan tenggat refleks yang masih mampu dilakukan oleh manusia untuk merespons peristiwa yang tidak terduga.

Selain itu mengatur dan mempertahankan jarak aman, cara menghindari terjadinya kecelakaan beruntun di jalan raya yang tidak kalah pentingnya adalah berfungsinya perangkat safety kendaraan, seperti rem, akan bekerja secara maksimal untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan dalam kisaran waktu tersebut. Sehingga potensi kecelakaan bisa dihindari.

Penggunaan ukuran waktu untuk mengantisipasi benturan sebagai standar internasional lebih disebabkan bahwa sebenarnya manusia lebih mampu mengantisipasi secara waktu ketimbang jarak.

Jika kecepatan kendaraan berubah, maka jarak amannya pun juga berganti. Misalnya, saat kendaraan melaju 40 kilometer per jam di kondisi lalu lintas merayap, maka jarak amannya adalah 4 meter. Jika jalan lebih lancar, maka kecepatan akan bertambah demikian pula dengan jarak amannya.

Begitu juga sebaliknya dengan penggunaan standar waktu, dengan kecepatan berapa pun pengendara yang berada di belakangnya dapat menyesuaikan. Sehingga jarak aman akan terbentuk dengan sendirinya.

Itulah tips cara aman terhindar dari kecelakaan beruntun di jalan raya, khususnya di jalan tol, dimana saat di jalan tol banyak orang lalai dan tidak memperhatikan jarak aman karena asik mengendarai mobil yang bebeas hambatan dengan kondisi jalan yang mulus. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Tips Cara Menghindari Kecelakaan Beruntun di Jalan Raya | akbar | 4.5