Tips Cara Menghilangkan Lemak Pada Daging Bebek

Daging bebek merupakan salah satu jenis makanan yang kini cukup digemari. Meski masakah dari daging bebek terbilang lebih mahal dibandingkan dengan daging ayam, namun pecinta daging bebek sepertinya tidak peduli. Gurih dan nikmat daging bebek, apalagi jika digoreng garing dan dicocol sambal membuat banyak orang ketagihan daging bebek.

Meski banyak penggemar daging bebek, namun tetap saja ada yang tidak menyukai daging bebek dengan alasan salah satunya adalah karena daging bebek mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi, sehingga cukup berisiko meningkatkan berat badan dan kadar kolesterol dalam tubuh.

Karena itulah, untuk mengurangi lemak dan kolesterol pada daging bebek diperlukan teknik khusus untuk memasak daging bebek.

Cara Mengolah Daging Bebek Agar Lebih Empuk dan Bebas dari Lemak

Posisinya yang berada pada bagian bawah kulit membuatnya agak sulit untuk menghilangkan lemak pada daging bebek. Kalaupun harus dilakukan proses pemotongan lemak dengan pisau tajam, maka seringkali akan membuat kulit bebek ini rusak sehingga tampilannya kurang cantik. Karena itulah maka anda bisa mencoba tips praktis untuk menghilangkan lemak tanpa merusak kulitnya. Caranya adalah sebagai berikut sebagaimana yang disarankan oleh Chef Rendy Kongs, Executive Chef Warung Bebek Yu’ Tien.

Setelah bulu-bulu bebek selesai dibersihkan, maka rebuslah daging bebek dalam air dingin selama 2-3 jam bersama bumbu rempah lain seperti daun salam.

Proses perebusan dengan metode slow cooking dan api kecil ini akan membantu mengeluarkan lemak dan minyak dari kulit bebek. Semengara tujuan dari pemberian rempah adalah berfungsi untuk menghilangkan amis.

Setelah daging empuk dan minyak bebek keluar, maka matikan api dan diamkan sebentar sampai suhunya normal. Kemudian langkah selanjutnya adalah masukkan rebusan daging bebek bersama air rebusannya ke dalam lemari es. Setelah satu jam, lemak bebek yang berwarna putih tersebut akan menggumpal dan mengapung di atas air rebusan.

Setelah lemak menggumpal, maka ambil lemaknya dan buang. Dengan demikian anda akan mendapatkan daging bebek yang empuk dengan sedikit lemak. Anda pun akan terbebas dari rasa khawatir akan kolesterol tinggi setelah menyantap daging bebek.

Demikian adalah tips bagaimana cara menghilangkan lemak dan kolesterol pada daging bebek sebagaimana yang dikutip dari laman TribunNews.

loading...
Loading...
cara menghilangkan minyak mentog ketika masak, daging entok mengandung kolesterol

Tips Cara Menghilangkan Lemak Pada Daging Bebek | akbar | 4.5