Tips Cara Menghemat Kuota Internet Biar Tidak Boros

Kebutuhan akan paket data atau kuota internet semakin besar seiring dengan makin banyaknya komunikasi yang dapat dilakukan menggunakan ponsel. Namun perlu untuk menjadi perhatian bahwa jangan sampai kebutuhan tersebut malam membuat anda jadi boros.

Hal itu pula yang menjadikan banyak pelanggan lebih memilih paket internet unlimited. Sebenarnya antara paket internet unlimited dan berbasis kuota sama-sama memiliki batas wajar pemakaian. Hanya saja untuk yang unlimited walau sudah habis kuotanya masih tetap bisa digunakan untuk akses internet, walau nantinya jadi sangat lambat. Sementara itu untuk yang paket kuota, koneksi internet akan langsung putus begitu kuotanya habis.

Dengan demikian baik paket internet unlimited maupun kuota pelanggan tetap harus pandai dalam menghemat kuota agar koneksi ke internet tetap lancar dan tidak menggerus isi dompet. Berikut adalah tips bagaimana cara menghemat kuota internet agar tetap bisa mengakses internet dengan nyaman:

1. Awasi penggunaan data

Kita bisa menggunakan aplikasi bawaan atau dari pihak ketiga untuk memonitor jumlah pemakaian data internet. Dengan cara ini kita akan tahu berapa banyak data yang sudah terpakai dan aplikasi apa saja yang memakainya.

Bila kita sudah tahu aplikasi apa saja yang sekiranya banyak mengkonsumsi data, maka kita akan jadi lebih mudah
dalam mengatur kapan menjalankan aplikasi tersebut. Misalnya, hanya membuka Path ketika terhubung dengan WiFi atau pada jam-jam tertentu ketika operator layanan komunikasi sedang memberikan bonus kuota internet.

2. Matikan update otomatis

Fitur update otomatis bertujuan untuk memberikan kemudahan pengguna smartphone dalam mendapatkan aplikasi versi terbaru tanpa harus repot melakukan pembaruan secara manual. Sayangnya hal ini seringkali membuat kita sulit mengontrol penggunaan data. Karena seringkai ada banyak aplikasi yang membutuhkan akses internet besar untuk melakukan pembaruan.

Untuk menghemat kuota, maka ada baiknya bila kita matikan saja fitur otomatis ini. Walau sedikit ribet, namun dengan ini kita jadi bisa mengatur jumlah pengeluaran kuota internet. Memilih opsi melakukan pembaruan aplikasi secara manual atau otomatis hanya saat terkoneksi dengan WiFi sangat membantu kita dalam menghemat jumlah pemakaian kuota internet.

3. Minimalkan download aplikasi

Banyaknya aplikasi gratis yang ditawarkan seringkali membuat kita tergiur untuk segera mendownloadnya. Walau sebenarnya ukuran file sebuah aplikasi sebenarnya bervariasi, tidak seluruhnya berukuran besar. Namun menggunakan koneksi seluler untuk mendownload bukanlah pilihan bijak.

Akan lebih baik bila kita menemukan aplikasi yang cukup menarik dan ingin memasangnya di smartphone, lebih baik tunggu dulu sampai kita menemukan jaringan WiFi gratis. Aatau bisa juga coba alternatif lain untuk menghemat, yaitu dengan mengunduh aplikasi tersebut saat operator yang digunakan memberikan bonus kuota.

4. Pintar menonton video online

Mengasikkan memang bisa menonton video langsung di YouTube melalui smartphone ketika sedang di perjalanan. Namun jangan kaget ternyata itu akan membuat kuota data cepat habis. Streaming video adalah salah satu layanan yang membutuhkan data dalam jumlah besar.

Untuk menghemat kuota internet, sebaiknya hindari menonton streaming video menggunakan koneksi seluler. Sebagai alternatif kita bisa menonton streaming atau mengunduh video yang diinginkan ketika terhubung ke WiFi gratis.

Kalaupun memang harus menonton via koneksi seluler, maka cobalah untuk menurunkan kualitas video. Biasanya pada YouTube terdapat pilihan antara 270p hingga 1080p. Dengan memilih kualitas resolusi video yang semakin rendah, maka ukuran data yang dibutuhkan per detik pun akan semakin kecil.

Atau kalau tidak, karena YouTube punya fitur baru yang bikin penggunanya bisa menonton video secara offline, maka kita bisa memanfaatkan fitur ini dimana kita bisa mengunduh video YouTube yang diinginkan saat ada koneksi WiFi, lalu menontonnya di waktu lain.

5. Kompresi data di browser

Sejumlah peramban atau browser memiliki fitur bawaan yang secara otomatis akan memampatkan data. Fitur ini sangat berguna bagi kita yang sering mengakses internet menggunakan ponsel.

Beberapa contoh browser yang memiliki fitur kompresi data diantaranya adalah Chrome dan Opera Mini. Keduanya menggunakan server mereka sendiri untuk mengompres data situs yang dikunjungi pengguna, lalu mengirimkannya dalam bentuk data yang sudah diperkecil.

Itulah beberapa tips cara menghemat kuota internet yang dapat kita lakukan. Karena berapapun jumlah kuota internet yang kita miliki bila tidak dapat mengaturnya maka akan cepat habis.

loading...
Loading...
jok biar ga licin

Tips Cara Menghemat Kuota Internet Biar Tidak Boros | akbar | 4.5