Tips Cara Menghaluskan Tumit Kaki yang Pecah-pecah

Kulit pada tumit kaki pecah-pecah sering dikeluhkan pada mereka yang memiliki berat badan berlebih. Tumit merupakan anggota tubuh yang mempunyai tugas besarm yaitu untuk menyangga berat badan, terutama ketika sedang berjalan atau berlari. Dengan tugas yang cukup berat tersebut maka membuat tumit menjadi rentan mengalami pecah-pecah pada bagian kulitnya.

Tumit kaki pecah-pecah membuat seseorang menjadi minder saat harus memakai sendal atau sepatu dengan bagian tumit terbuka. Suhu yang terlalu ekstrim, terlalu panas atau dingin menjadi salah satu penyebab kulit pada tumit kaki mudah mengalami pecah-pecah.

Penyebab Tumit Kaki Pecah-pecah

Selain karena tugas berat tumit untuk menyangga tubuh bagian atas, beberapa faktor lain juga bisa menjadi penyebab tumit kaki mudah pecah-pecah. Berikut adalah diantaranya dari penyebab tumit kaki pecah-pecah:

  • Berat badan yang berlebihan.
  • Suhu atau cuaca yang terlalu dingin atau yang terlalu panas.
  • Cacat kaki yang menyebabkan kelainan dalam cara kita berjalan.
  • Masalah kulit kronis seperti eksim dan psoriasis.
  • Terlalu sering mandi menggunakan air panas atau berenang di kolam diklorinasi berat.
  • Kelenjar keringat yang aktif, biasanya disebabkan oleh gen yang diwarisi.
  • Penyakit kronis tertentu seperti diabetes dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi.
  • Beberapa obat resep seperti diuretik dan antihistamin juga memiliki efek pengeringan.

Cara Menghaluskan Tumit Kaki Pecah-pecah

Tumit kaki mudah pecah ketika kelembaban kulit berkurang. Karena itu cara terbaik untuk mencegah tumit kaki pecah-pecah adalah dengan menjaga kelembaban kulit, khususnya pada area tumit. Penggunaan pelembab khusus untuk kulit kering dapat membantu mencegah tumit pecah-pecah. Ada baiknya untuk menggunakan krim khusus untuk tumit pecah-pecah.

Adapun cara untuk menghaluskan kembali kulit pada tumit kaki yang pecah-pecah bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

1. Lotion Gandum – Minyak Jojoba

Campur satu sendok teh gandum dengan minyak jojoba secukupnya dalam satu wadah. Aduk rata gandum dan minyak jojoba sampai menjadi lotion. Kemudian oleskan lotion tersebut itu ke bagian tumit. Jangan lupa untuk melakukan pemijatan secara pelan-pelan pada tumit. Diamkan tumit sekitar 30 menit sampai olesan mongering. Terakhir, bilas tumit dengan air bersih.

Lakukan perawatan tumit dengan lotion gandum-miyak jojoba ini secara rutin tiap hari.

2. Lemon

Bersihkan satu buah lemon lalu belah jadi dua. Gosok setengah bagian lemon ke bagian tumit sambil memeras lemon. Hal ini akan membuat kulit mudah menyerap air perasan lemon. Lakukan hal itu selama lima menit, lalu bilas tumit dengan air bersih.

Selain dengan cara menggosokkan lemon ke tumit, Anda juga bisa menggunakan air perasan lemon untuk merendam kaki. Proses perendaman kaki ini bisa dilakukan antara 15-20 menit, lalu bilas kaki dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan treatment ini tiga kali dalam seminggu.

3. Lotion Pisang – Alpukat

Siapkan satu potong buah pisang dan setengah potong buah alpukat yang sudah matang. Blender buah pisang dan alpukan sampai halus hingga membentuk seperti pasta. Lalu, oleskan lotion tersebut ke area tumit. Diamkan tumit selama 15-20 menit. Setelah itu, cuci tumit sampai bersih dengan air hangat.

Cara lain untuk menghaluskan tumit kaki adalah dengan rajin membersihkan kaki saat mandi. Untuk itu, gosoklah kaki dengan sikat untuk menghilangkan kotoran dan juga sel kulit mati. Atau kalau tidak ada juga bisa dilakukan cukup dengan menggosok-gosokkan kaki pada lantai kamar mandi.

loading...
Loading...
bisul pecah batal puasa

Tips Cara Menghaluskan Tumit Kaki yang Pecah-pecah | akbar | 4.5