Tips Cara Menghadapi Musim Pancaroba

Musim pancaroba atau musim peralihan dari musim panas ke musim penghujan atau sebaliknya sering mendatangkan banyak penyakit yang mudah menyerang tubuh, khususnya bagi yang emmiliki sistem imun lemah.

Pagi yang cerah, tiba-tiba berubah menjadi hujan di siang hingga sore hari, lalu kemudian kembali cerah di malam hari, adalah merupakan bagian dari musim peralihan dari musim panas menuju penghujan, atau sebaliknya. Pola cuaca yang tidak menentu dan berubah secara tiba-tiba, adalah ciri-ciri musim pancaroba.

Cara Menjaga Kesehatan Saat Musim Pancaroba

Berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus seperti flu, demam berdarah, diare dan infeksi saluran nafas (ISPA) Atas biasanya sering muncul berbarengan dengan datangnya musim pancaroba.

Selain dengan cara menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit yang sering terjadi di musim pancaroba, beberapa cara lain juga diperlukan untuk membantu melindungi diri dari bakteri dan virus yang ‘berkeliaran’ sepanjang musm pancaroba. Berikut diantaranya sebgaaimana yang dikutip dari 1health.id:

1. Menjaga Kebersihan

Pastikan untuk selalu membersihkan lingkungan rumah dengan teratur dengan mengoptimalkan ventilasi rumah sebagai sirkulasi udara dan juga cahaya, menguras bak mandi atau penampungan satu kali dalam seminggu, mengganti atau membersihkan vas bunga, dan tata ulang barang-barang di tempat anda tinggal. Jika tidak memungkinkan untuk me-recycle barang-barang bekas anda, maka buanglah barang bekas tersebut ke tempat pembuangan.

2. Melindungi Tubuh

Untuk menghindari bakteri dan virus yang mudah masuk ke dalam rongga hidung dan mulut ada baiknya bila anda menggunakan masker jenis N95. Selain itu gunakan juga pakaian yang lebih tertutup untuk mencegah nyamuk menularkan virus demam berdarah.

3. Jaga Pola Makan Sehat

Anda bisa menjaga daya tahan tubuh dengan cara mengonsumsi protein, buah dan sayur-sayuran serta karbohidrat yang seimbang. Konsumsi buah dan sayuran sudah termasuk vitamin alami yang sagat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh saat musim pancaroba.

4. Cukup Istirahat

Gunakan waktu istirahat dengan tepat. Untuk membantu meregenerasi sel-sel tubuh yang berfungsi memulihkan daya tahan tubuh di keesokan harinya, anda butuh tidur 7-8 jam setiap harinya.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup akan membantu tubuh terhindar dari dehidrasi serta akan meningkatkan sistem metabolisme dan daya tahan tubuh setiap harinya. Karena tu, pastikan untuk selalu mengonsumsi air putih delapan gelas dalam sehari.

loading...
Loading...
Tips Cara Menghadapi Musim Pancaroba | akbar | 4.5