Tips Cara Menggemukkan Hewan Kurban Secara Tradisional

Selain kambing, sapi merupakan salah satu hewan yang paling banyak diburu menjelang hari raya Idul Adha. Karena itulah, maka ketika menjelang hari raya Idul Adha tiba kita akan bisa dengan menemukan banyak pedagang hewan seperti kambing dan sapi di pinggir-pinggir jalan.

Melihat besarnya minat masyarakat tersebut, maka pedagang berlomba mencari cara agar sapi-sapi yang dijualnya bisa laku. Salah satunya adalah dengan cara menggemukkan sapi yang dijual.

Namun kita sebagai calon pembeli haruslah pandai-pandai dalam memilih hewan kurban sapi yang akan dibeli. Jangan asal memilih sapi yang gemuk. Karena pada saat ini banyak sapi gemuk namun ternyata sapi tersebut dilakukan penyuntikan oleh peternak.

Sebenarnya, untuk menggemukkan badan sapi ada cara yang lebih alami yaitu dengan cara tradisional. Seperti yang dilakukan oleh Muslik, peternak sapi asal dusun Kajar, desa Kedungcangkring, kecamatan Jabon Sidoarjo.

Untuk menggemukkan hewan ternak yang akan dijualnya, Muslik biasa memberi makan sapi-sapinya dengan cara memberi limbah kedelai yang dicampur dengan katul dan juga rumput gajah. Dua makanan ini dicampur dan diberikan dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

Setiap harinya Muslik memberikan makanan limbah kedelai sebanyak 36 takaran timba berukuran 25 kilo bercampur katul sebanyak 4 kwintal. Makanan ini diberikan kepada delapan ekor sapi jenis limosin.

Jika makanan tersebut rutin diberikan minimal tiga bulan, maka bobot sapi bisa naik satu hingga satu setengah kilo. Untuk memelihara hewan ternak agar tetap sehat, Muslik rutin memeriksa kesehatan sapi miliknya. Menurut Muslik, untuk mengetahui kondisi hewan tersebut sakit atau tidak, yang dia lakukan hanya dengan memegang telinga sapi dan melihat gigi sapi.

Dengan memberi makan sapi secara tradisional, sapi yang diternak bisa sehat dan juga tumbuh besar. Apalagi jelang perayaan Idul Kurban, harga sapi akan naik tinggi dengan sendirinya, dan bisa mendapatkan keuntungan bagi para peternak sapi.

loading...
Loading...
amalan untuk menggemukkan hewan

Tips Cara Menggemukkan Hewan Kurban Secara Tradisional | lawas | 4.5