Tips Cara Mengatasi Masalah Kandung Kemih Selama Hamil

Pada masa kehamilan, berbagai permasalah biasanya akan muncul. Mulai dari punggung sering merasa pegal, kaki bengkak hingga sering buang air kecil.

Karena letak kandung kemih yang bersebelahan dengan rahim membuat kapasitasnya berkurang. Seiring dengan semakin membesarnya perut ibu hamil, maka tekanan terhadap kandung kemih semakin besar. Itulah salah satu sebab kenapa ibu hamil sering buang air kecil.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah terkait frekuensi buang air kecil selama masa kehamilan. Berikut beberapa diantaranya:

Menjaga jarak waktu kencing

Cobalah untuk menjaga waktu antara dua episode berkemih lebih lama untuk menyelesaikan beberapa masalah umum selama kehamilan. Anda bisa mulai dengan menahan kencing selama 10 menit setiap kali anda merasa ingin buang air kecil.

Mengosongkan kandung kemih

Setelah anda pergi untuk buang air kecil cobalah untuk mengosongkan kandung kemih dalam beberapa waktu dengan banyak minum untuk mengurangi masalah kandung kemih selama kehamilan.

Hindari beberapa jenis minuman

Beberapa jenis minuman yang dikonsumsi juga bisa menambah frekuensi buang air kecil. Karena itu, saat sedang hamil, cobalah untuk mengurangi tingkat konsumsi kopi, minuman ringan, alkohol, teh, buah jeruk, dan jus.

Lakukan latihan otot dasar panggul

Ibu hamil juga bisa mencoba latihan dasar panggul untuk memperkuat otot-otot daerah pinggul. Latihan tersebut adalah latihan kegel untuk melatih otot perut. Cobalah latihan tersebut tiga kali sehari.

Menjaga berat badan sedang

Memiliki berat badan yang berlebihan juga bisa menyebabkan masalah kandung kemih selama masa kehamilan karena adanya peningkatan tekanan. Karena itu, batasi berat badan hingga batas sewajarnya untuk mencegah masalah ini.

Pembalut dalam keadaan darurat

Dalam kasus darurat, sulit bagi ibu hamil untuk menghindari kencing yang tak tertahankan. Karena itu, gunakanlah pembalut untuk mencegah anda dari kerepotan saat kencing yang tak tertahankan terjadi.

loading...
Loading...
Tips Cara Mengatasi Masalah Kandung Kemih Selama Hamil | lawas | 4.5