Tips Cara Mengatasi Anak Gagap atau Sulit Berbicara

Idealnya seorang anak akan sudah bisa bicara dengan lancar saat memasuki usia bangku sekolah, namun karena beberapa hal penyebab anak terkadang masih belum mampu bisa bicara dengan sempurna.

Cara Menghadapi Anak yang Gagap Saat Berbicara

Sampai saat ini penyebab gagap belum diketahui dengan jelas dan pasti. Gagap seringkali menurun dalam keluarga, hal ini mungkin karena ada kecenderungan genetik. Gagap juga bisa disebabkan oleh pengalaman traumatis, setelah peristiwa hidup yang serius, atau karena takut, cemas dan gugup. Gagap dapat diperparah saat penderitanya tertekan atau mendapatkan terlalu banyak perhatian.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan orang tua untuk menciptakan suasana yang membantu bagi seorang anak yang memiliki masalah gangguan bicara atau gagap:

  1. Jangan selalu menyuruh sang anak untuk selalu berbicara dengan tata bahasa yang benar. Biarkan anak berbicara dengan nyaman dan menyenangkan.
  2. Manfaatkan waktu makan bersama anak untuk melatih kelancaran berbicara anak. Hindari hal-hal yang mungkin mengganggu dapat seperti televisi dan radio.
  3. Jangan selalu mengkritik anak dengan ucapan “pelan-pelan saja” atau semacamnya. Komentar semacam ini, walaupun di ucapkan dengan niat baik, hanya akan membuat anak merasa semakin tertekan.
  4. Ijinkan anak untuk berhenti berbicara jika merasa tidak nyaman.
  5. Jangan selalu menyuruh anak untuk berhati-hati dalam berbicara.
  6. Ciptakan suasana yang tenang dan nyaman di rumah. Bicaralah dengan tenang dan jelas pada anak.
  7. Tataplah mata anak saat berbicara dengannya. Jangan melihat ke arah lain dan jangan menunjukkan kekecewaan anda di depan anak.
  8. Biarkan anak bicara dan mengucapkan kalimatnya sampai dengan selesai.
  9. Yang paling penting adalah: Seringlah berlatih! Jadilah contoh yang baik bagi anak dengan selalu bicara yang jelas.

Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Tips Cara Mengatasi Anak Gagap atau Sulit Berbicara | lawas | 4.5