Tips Cara Mencegah Sakit Flu Saat Naik Pesawat

Merasa sakit atau tidak enak badan mungkin pernah anda alami saat berwisata. Penyebab sakit tersebut biasanya adalah karena makanan dan minuman atau bahkan karena naik pesawat terbang.

Menurut penelitian, saat naik pesawat seseorang akan lebih rentan terkena resiko penularan flu. Salah satu penyebab penularan flu tersebut adalah karena kelembaban udara kabin yang rendah sehingga sistem pertahanan diri tak berjalan dengan maksimal.

Adapun tips untuk mencegah flu saat naik pesawat diantaranya yang bisa dilakukan adalah:

Minum air putih

Selain untuk mencegah efek dehidrasi selama perjalanan udara yang dapat menyebabkan sakit kepala, masalah perut, kram, dan penyakit lainnya, minum air putih juga baik karena bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan baik.

Hidung dan tenggorokan menjadi benteng pertama ketika berada di dalam pesawat yang memiliki kelembaban udara yang rendah.

Konsumsi vitamin

Vitamin C atau biasa dikenal dengan asam askorbat mempunyai tugas penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cobalah untuk mengkomsumsi vitamin C sebelum melakukan penerbangan.

Sumber terbaik vitamin C berasal dari buah segar, sayuran dan jus. Selain itu vitamin C juga dapat berbentuk tablet.

Tangan tetap bersih

Pastikan tangan tetap bersih karena kontak pertama dengan dingin, flu, dan kuman-kuman lain dimulai dari tangan. Kuman-kuman dapat berada di sandaran tangan, kursi, dan bagian-bagian pesawat lain yang kemudian bisa berpindah ke jari, alat makan, hingga ke mulut.

Usahakan untuk mencuci tangan sebelum melakukan penerbangan, makan di dalam kabin pesawat, dan setelah melakukan penerbangan.

Kenakan pelindung wajah

Udara di dalam kabin bisa menjadi media penularan virus flu. Penumpang yang terinfeksi flu dapat bersin dan menyebarkan virus.

Gunakanlah pelindung wajah atau masker untuk mencegah terinfeksi penyakit flu ketika berada di dalam pesawat. Masker bisa melindungi virus flu masuk melalui mulut dan hidung.

Jaga kebersihan gigi

Menjaga kebersihan gigi bisa berguna untuk mencegah penularan kuman. Penggunaan obat kumur dapat membunuh kuman dalam penerbangan, menambah pertahanan dari kuman sekaligus membantu menjaga tenggorokan tetap lembab. Pastikan membawa obat kumur yang sesuai dengan peraturan penerbangan.

loading...
Loading...
Tips Cara Mencegah Sakit Flu Saat Naik Pesawat | akbar | 4.5