Tips Cara Mencegah Motor Hilang Dicuri

Sepeda motor menjadi salah satu barang yang paling sering dan rawan dicuri. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya berita mengenai aksi pencurian sepeda motor. Pencuri sekarang semakin cerdas dalam menciptakan cara mujarab untuk melakukan tindakan tak terpuji ini. Karena itu kita sebagai masyarakat pemilik sepeda motor diaharapkan untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam menjaga agar sepeda motor tidak hilang dicuri maling.

Tips Cara Mencegah Motor Hilang Dicuri Maling

Untuk mencegah aksi pencurian sepeda motor, ada beberapa langkah preventif yang bisa dilakukan oleh pemilik sepeda motor mempersulit aksi pencurian. Berikut diantaranya:

Pasang Alarm

Alarm akan berfungsi jika ada pergerakan yang tak wajar terjadi peda kendaraan. Tentu ini sangat berguna untuk membuat pencuri kaget sehingga ia tidak jadi melancarkan aksinya. Dengan remote alarm, kita juga dapat memastikan kendaraan masih ada di posisinya hanya melalui suara, tanpa perlu melihatnya langsung.

loading...

Keamanan Ganda

Salah satu penyebab kemalingan adalah kendaraan tidak dalam posisi aman. Karena itu, pastikan bila anda telah mengunci stang motor, kunci roda atau velg, naikkan slot lubang kunci (pada motor). Intinya, pastikan motor anda dilengkapi dengan keamanan ganda, tidak hanya mengandalkan satu alat saja.

Pasang Stiker atau Tanda “Pengenal”

Ada baiknya bila motor anda dipasang stiker pengenal yang berbeda dari motor yang lainnya. Hal ini untuk memudahkan pencarian seandainya motor anda hilang. Selain untuk memudahkan pencarian, tempelan stiker pengenal ini akan membuat para maling berpikir ulang untuk mencurinya.

Posisi Sepeda Motor

Pastikan bahwa parkir tempat sepeda motor anda terjangkau penglihatan, seandainya memarkir di tempat umum atau di dalam rumah, tetapi tidak di dalam garasi. Pastikan juga tidak memarkir terlalu dekat dengan pagar keluar, karena bandit akan lebih mudah melancarkan aksi jahatnya.

Peduli dengan Lingkungan Sekitar

Sering kali pencurian terjadi karena tidak ada interaksi antara tetangga. Sehingga ketika ada orang yang sedang mengotak-atik kendaraan dibiarkan saja, padahal bisa jadi ia adalah pencuri. Karena itu, sebaiknya anda juga bersosialisasi dengan masyarakat sekitar tempat tinggal. Pastikan satu sama lain saling kenal, dan mengetahui kendaraan apa yang biasanya digunakan masing-masing.

Asuransikan Motor

Terkadang segala upaya untuk mencegah agar motor tidak hilang dicuri sudah dilakukan, namun tetap saja motor bisa hilang. Karena itu mengasuransikan sepeda motor bisa menjadi pilihan akhir sebagai langkah antisipasi ketika motor benar-benar hilang digondol maling. Dengan asuransi sepeda motor, maka kerugian akibat kehilangan sepeda motor dapat tergantikan. Asuransi kehilangan sepeda motor ini biasanya akan langsung anda dapatkan ketika anda membeli sepeda motor secara kredit. Sementara untuk pembelian secara cash, anda juga bisa mengajukan asuransi sepeda motor. Tapi ingat, pilihlah asuransi sepeda motor yang mudah proses klaimnya serta harganya yang terjangkau.

loading...
Loading...
foto luka kecelakaan motor, foto luka kecelakaan, Cara membuat jok motor menjadi licin, luka jatuh dari sepeda motor, harga lampu frozi, gambar luka kecelakaan motor, harga as roda belakang beat, cara agar jok motor tidak licin, lampu frozi, cara pembuatan jok sepeda motor menjadi licin, cara membuat jok motor agar tidak licin, cara mengatasi jok motor licin, cara membuat jok motor licin, cara merapikan kabel pada motor, cara merapikan kabel motor, melancarkan naik motor

Tips Cara Mencegah Motor Hilang Dicuri | akbar | 4.5