Tips Cara Mencegah dan Mengatasi Virus Trojan

Semua pengguna komputer pasti sering merasa sebal dan waswas apabila komputer kesayangannya terjangkit oleh virus yang tak jarang akhirnya menyebabkan sang pemilik kehilangan data hingga komputer mengalami penurunan performa dan juga kerusakan. Salah satu virus yang sering menyerang komputer adalah virus Trojan. Kabar terakhir juga menyebutkan bahwa virus Trojan kini juga sudah mulai menginfeksi perangkat Android. Lantas, bagaimanakah cara terbaik untuk mencegah dan mengatasinya? Simak ulasan di bawah ini.

Virus Trojan menginfeksi sistem operasi komputer melalui perpindahan file yang diunduh. Maka dari itu, sebagai langkah pencegahan, kita harus berhati-hati untuk memilih situs download yang tersedia di dunia maya. Jangan sampai sembarangan memilih situs yang akhirnya akan membawa virus melalui hasil download yang kita install di komputer. Kita juga bisa memasang software anti virus yakni Trojan Scanner sebagai tindakan pencegahan. Akan tetapi, tetaplah rajin-rajin memeriksa file yang ekstension-nya disembunyikan. Siapa tahu, virus tidak terdeteksi oleh software anti virus.

Apabila komputer sudah terlajur terinfeksi virus Trojan, apakah yang harus kita lakukan? Kita bisa menghapus secara manual file-file atau program yang diduga terinfeksi virus. Caranya ya tinggal di uninstall atau delete saja. Namun, apabila penyebarannya sudah tidak bisa ditangani lagi, ada baiknya untuk segera mem-format ulang hardrive. Tentunya, jangan lupa untuk terlebih dahulu membuat back up dari file yang tidak terinfeksi. Selamat mencoba!

loading...
Loading...
Tips Cara Mencegah dan Mengatasi Virus Trojan | akbar | 4.5