Loading...

Tips Cara Mencegah dan Mengatasi Mabuk Laut

Salah satu alat transportasi alternatif untuk mudik adalah kapal laut, khususnya untuk yang akan mudik antarpulau. Sayangnya, tak semua orang tahan dan kuat saat harus naik kapal laut hingga berjam-jam dan bahkan berhari-hari. Ada banyak orang yang mengalami mabuk laut saat naik kapal.

Untuk mencegah dan menghindari agar tidak mabuk laut, ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

Sebelum berangkat

Beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan sebelum berangkat naik kapal laut adalah:

Makan.Ketika akan berangkat atau naik kapal laut, sebaiknya isi perut Anda agar tidak kosong tetapi juga jangan terlalu kenyang. Apa bila Anda mudik saat masih bulan puasa, sebaiknya berangkat dengan pelayaran paling pagi sehingga perut masih dalam keadaan kenyang setelah sahur.

Minum obat antimabuk. Sebagai antisipasi atau bahkan Anda langganan mabuk laut, dianjurkan untuk meminum obat antimabuk selepas sahur atau sebelum berangkat.

Tenangkan hati dan pikiran. Jangan merasa takut dan jangan pikirkan goncangan-goncangan akibat ombak dan arus. Pikiran positif akan membawa pengaruh positif juga untuk tubuh Anda.

Minum jahe. Jahe diketahui dapat mengurangi dan mengatasi rasa mual. Anda bisa membawa permen jahe untuk antisipasi rasa mual. Alternatif lainnya, Anda bisa mengoleskan parutan jahe pada perut Anda sebelum berangkat.

Ketika di atas kapal

Sebaiknya pilih tempat duduk di bagian tengah. Jangan memilih duduk di bagian atas kapal karena gelombang lebih terasa daripada bagian bawahnya. Sebaiknya jangan membaca selama berlayar. Goncangan dan mata yang perlu menyesuaikan fokus pada bacaan bisa memicu rasa mual.

Bila Anda mulai merasa mual, coba lakukan hal-hal berikut ini:

– Berjalan-jalanlah mencari tempat dengan sirkulasi udara yang bagus, tidak panas, tidak tercampur keringat orang atau bau-bauan yang bisa membuat Anda makin mual. Desir angin dapat membuat lupa pada rasa mual Anda.

– Gerakan tubuh Anda, misalnya dengan melakukan peregangan. Menggerak-gerakkan tubuh membantu Anda melupakan rasa mual. Namun jika rasa mual berkali-kali muncul kepalkan dan lemaskan jari-jari tangan dan kaki berulang-ulang untuk melancarkan peredaran darah.

– Cobalah berbaring jika Anda merasa lebih baik dengan berposisi seperti itu. Berbaring dengan posisi nyaman. Tubuh akan semakin tidak nyaman jika posisi tidur Anda pun tidak nyaman terlebih pada posisi leher.

loading...
Loading...
rumput lalang laut

Tips Cara Mencegah dan Mengatasi Mabuk Laut | lawas | 4.5