Tips Cara Memperbaiki Jarum Indikator Bensin yang Rusak

Cara mengisi bensin yang disarankan adalah ketika bensin belum benar-benar habis. Selain untuk mencegah mogok di jalan, juga akan menghindari mesin motor dari kerusakan, terutama untuk mesin motor yang menggunakan teknologi injeksi. Untuk mengetahui kapan harus mengisi bensin, salah satunya adalah dengan cara melihat jarum bensin pada speedometer.

Dengan melihat indikator jarum bensin pada speedometer, maka pengendara motor bisa memperkirakan ada berapa banyak bensin yang masih tersisa dalam tangki. Hasilnya, pengendara bisa memperkirakan seberapa jauh motor bisa berjalan dan kapan serta dimana harus mengisi ulang bensin. Karena itu, apabila ada terjadi kerusakan atau indikator bensin tidak berfungsi, maka haruslah segera dicari penyebab permasalahannya.

Tips Cara Memperbaiki Jarum Indikator Bensin

Salah satu hal yang mempengaruhi kinerja jarum bensin adalah aki. Indikator bensin akan bekerja bila mendapatkan ada sumber listrik atau aki. Karena itu, langkah pertama bila jarum indikator bensin mati adalah dengan memeriksa kondisi aki motor dengan cara menekan tombol klakson atau electric starter.

Langkah selanjutnya ada periksa kondisi pelampung bensin. Cara mengecek keadaan komponen pelampung bensin adalah dengan membuka peranti besi yang berada di sebelah tutup bensin menggunakan obeng plus. Lepas soketnya dan sambungkan dua kabel yang menganga di dalamnya dengan jumper atau penghantar listrik lain. Jika jarum speedometer bergerak, maka itu artinya pelampung bensin bermasalah.

Penyebab pelampung bensin bisa rusak atau merenggang adalah karena tekanan saat pengisian bensin ke dalam tangki. Untuk cara mengatasinya bisa dengan mengikat atau menambahkan cincin, namun akan lebih baik bila pelampung bensin tersebut diganti dengan yang baru.

Bila aki dan pelampung bensin sudah dicek dan ternyata kedua komponen tersebut dalam kondisi baik-baik saja, maka yang perlu diperiksa adalah jalur kelistrikan. Karena jalur kelistrikan yang terhambat juga bisa menyebabkan jarum bensin tidak bekerja. Anda bisa melakukan pengecekan jalur kabel yang menggerakkan jarum tersebut dengan menggunakan alat pengukur arus.

Apabila ternyata jalur kelistrikan juga masih bekerja dengan baik, maka hanya ada satu kemungkinan penyebab jarum indikator bensin tidak berfungsi. Kerusakan yang menyebabkan terganggunya kerja jarum bensin adalah pada bagian speedometer itu sendiri. Karena itu, anda bisa memperbaiki atau mengganti speedometer motor dengan yang baru untuk mengatasi hal tersebut.

loading...
Loading...
Tips Cara Memperbaiki Jarum Indikator Bensin yang Rusak | akbar | 4.5