Tips Cara Memilih Pelembab Wajah Sesuai Jenis Kulit yang Dimiliki

Seringkali karena udara yang dingin bisa menyebabkan wajah seseorang menjadi terasa kering, kasar, kusam, atau berkerak. Terlebih lagi bila jenis kulit yang dimiliki memang tergolong kulit kering. Karena itulah maka pada akhirnya banyak orang yang berusaha mencari cara untuk melembabkan kulit mereka. Salah satuya adalah dengan menggunakan moisturizer atau pelembab wajah.

Bagaimana cara kerja pelembab wajah? Pelembab wajah bekerja dan bertindak sebagai pelindung yang akan menjaga kulit agar selalu terhidrasi dan sehat, memperbaiki kulit yang kering, melindungi kulit sensitif, serta memperbaiki warna serta tekstur kulit.

Meski pada dasarnya fungsi dari pelembab wajah adalah sesuai dengan namanya, yaitu untuk melembabkan, namun dalam memilih pelembab wajah tidak boleh sembarangan. Karena dalam memilih pelembab wajah atau moisturizer harus juga disesuaikan dengan jenis atau tips kulit orang yang akan memakai pelembab wajah tersebut.

Tips Cara Memilih Pelembab Sesuai Jenis Kulit

Sebagaimana yang dikutip dari laman AloDokter, dianjurkan dalam memilih pelembab wajah agar disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki. Hal ini tentu saja bertujuan agar perawatan kulit dan pelembab bisa bekerja secara efektif. Berikut ini adalah cara memilih pelembab kulit sesuai jenis kulit yang dimiliki:

Pelembab wajah untuk kulit kering
Untuk tipe kulit kering, maka pilihlah pelembab yang menggunakan bahan dasar minyak (oil-based) serta memiliki kandungan berbagai bahan yang membantu menjaga kulit agar tetap lembab. Misalnya saja adalah pelembab berbahan dasar petrolatum, ini sangat cocok untuk kulit yang sangat kering atau kulit pecah-pecah.

Pelembab wajah untuk kulit berminyak
Untuk cara memilih pelembab untuk kulit berminyak, pastinya mencari produk pelembab yang menggunakan bahan dasar dari air (water-based) yang berlabel noncomedogenic agar tidak menyumbat pori-pori. Karena meski berminyak, namun kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab, terutama setelah menggunakan produk perawatan kulit yang bisa menghilangkan minyak dan mengeringkan kulit.

Pelembab wajah untuk kulit sensitif
Untuk jenis kulit yang sensitif, maka sebaiknya memilih pelembab yang menggunakan pelembab yang memiliki kandungan bahan-bahan seperti chamomile atau lidah buaya dan tidak mengandung asam, wewangian, atau pewarna.

Pelembab wajah untuk kulit menua
Kulit akan cenderung menjadi lebih kering seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Hal ini disebabkan oleh semakin berkurangnya produksi minyak. Maka dari itu, carilah produk pelembab berbasis minyak yang memiliki kandungan seperti petrolatum, antioksidan, atau Alpha Hydroxy Acids (AHA) untuk mengatasi kulit keriput.

Pelembab wajah untuk kulit normal
Meski masuk dalam kategori kulit normal, tetap saja harus memakai pelembab. Untuk pemiliki kulit yang normal, maka usahakan untuk memilih pelembab yang berbahan dasar air yang tidak terasa berminyak serta memiliki kandungan minyak ringan atau turunan silikon seperti cyclomethicone.

Itulah beberapa tips bagaimana cara memilih pelembab untuk wajah dan kulit sesuai jenis kulit yang dimiliki. Semoga berguna.

loading...
Loading...
Tips Cara Memilih Pelembab Wajah Sesuai Jenis Kulit yang Dimiliki | akbar | 4.5