Tips Cara Membuat Tubuh Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

Udara yang dingin ditambah dengan lemahnya sistem kekebalan tubuh membuat seseorang lebih mudah jatuh sakit saat musim hujan tiba. Karena itu untuk menjaga agar tubuh tidak mudah sakit saat musim hujan salah satunya adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Berbagai kemungkinan serangan penyakitseperti pilek, flu dan diare yang biasa datang saat musim hujan tiba bisa dicegah bila kita mau menerapkan pola hidup sehat. Sebagaimana yang dikutip dari laman Timesofindia, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan penyakit saat musim hujan. Berikut beberapa diantaranya:

Makan sayur dan buah

Makan buah-buahan musiman seperti ceri dan aprikot adalah suatu keharusan di saat musim hujan. Selain itu, makan banyak sayuran hijau juga tidak boleh terlewatkan karena akan melindungi tubuh dari masalah infeksi dengan penyakit kronis.

Jauhi makanan pedas

Rasa pedas bisa meningkatkan selera makan seseorang. Namun khusus di musim hujan, ada baiknya untuk sementara makanan pedas kita kurangi. Pasalnya, makan makan pedas secara berlebihan di musim hujan sangat mempengaruhi sistem pencernaan. Tak ayal, diare bisa menyerang karena pengaruh faktor makanan pedas berlebihan.

Hindari makanan kaki lima

Citarasa yang nikmat ditambah dengan harganya yang murah membuat makanan kaki lima cukup banyak penggemarnya. Namun disaat musim hujan ada baiknya bila hal itu dihindari dulu membeli makanan di pinggir jalan agar terhindari dari penyakit yang umum terjadi di musim ini

Biasakan minum hangat

Kalau musim panas enaknya minum es, di musim hujan pun Anda harus membiasakan diri menyeruput minuman hangat yang dapat menstabilkan suhu tubuh. Misalnya Anda dapat memilih teh, jahe, kopi atau sekedar air putih hangat.

loading...
Loading...
Tips Cara Membuat Tubuh Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan | akbar | 4.5