Tips Cara Membuat Ruangan Menjadi Sejuk Tanpa AC

Semakin panasnya suhu dan cuaca di bumi membuat banyak orang saat ini lebih banyak menggunakan pendingin ruangan atau AC sebagai jalan pintas untuk membuat rumah menjadi lebih dingin dan juga tidak panas. Namun ternyata hal ini bisa berdampak buruk pada tagihan listrik anda dan juga kesehatan. Berikut ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk membuat ruangan di rumah tetap sejuk meski tanpa harus pasang AC atau pendingin ruangan

Tinggi plafon

Plafon rendah memang membuat rumah akan tampak sempit dan sumpek. Namun berbanding terbalik dengan plafon tinggi. Dengan penggunaan plafon yang tinggi membuat suasana di dalam ruangan menjadi lebih adem dan dingin. Menghilangkan plafon di area ruang terbuka hingga atap tentu saja bisa menjadi pilihan. Guna mengurangi panas, Anda bisa memakai lapisan aluminium foil yang berada di bawah genteng.

Bukaan yang cukup banyak

Rumah harus mempunyai banyak bukaan yang tentu saja membuat udara alami akan masuk dengan mudah. Hal ini tentu saja bisa menjadi solusi yang cukup baik.

Ventilasi Silang

Untuk membuat pertukaran udara berjalan dengan baik, anda harus membuat ventilasi silang atau cross ventilation. Setidaknya ada 2 buah jendela atau lubang angin yang saling berhadapan.

Dinding Styrofoam

Dinding styrofoam biasanya sering digunakan di studio rekaman yang difungsikan untuk peredam suara. Namun struktur styrofoam ini tidak bisa menghantarkan panas. Dan hal ini yang membuat styrofoam bisa menjadi isolasi termal yang cukup baik.

Turbine Ventilator

Turbine ventilator bisa digunakan di area rumah yang diletakkan di bagian atap rumah yang dilengkapi dengan sirip guna menangkap angin. Angin yang berembus akan ditangkap dengan sirip dan juga dialirkan ke dalam ruangan sehingga menjadi sebuah sirkulasi udara di dalam ruangan yang cukup baik.

Kaca Film

Kaca film juga bisa dijadikan alternatif. Pilih kaca film yang bisa menolak sinar matahari yang biasa dipakai di gedung atau hunian ramah lingkungan.

Tanaman

Tanaman yang rindang di halaman rumah bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membuat rumah menjadi lebih sejuk.

Itulah beberapa tips cara membuat kamar atau ruangan di rumah tetap sejuk meski tidak menggunakan AC atau pendingin ruangan. Dengan cara ini, selain membuat rumah menjadi lebih nyaman, anda pun tidak perlu khawatir dengan tagihan listrik bulanan untuk rumah anda.

loading...
Loading...
cara membuat pendingin ruangan tanpa listrik, pendingin ruangan tanpa listrik, pendingin ruangan tanpa ac, cara membuat ruangan dingin alami, pendingin ruangan alami, cara membuat ruangan sejuk dan dingin, cara buat pendingin ruangan tanpa ac, Membuat kamar sejuk, cara pasang pendingin hawa, cara membuat udara di tempat sempit, cara membuat ruangan sejuk, cara membuat Ruangan menjadi, penyejuk ruangan yang sempit

Tips Cara Membuat Ruangan Menjadi Sejuk Tanpa AC | akbar | 4.5