Tips Cara Membersihkan Data di Android

Halaman: 1 2

Data pribadi yang ada di smartphone Android seperti foto, catatan keuangan, atau berbagai hal lainnya, meski sudah dihapus masih tetap bisa ditemukan kembali. Karena itu anda harus berhati-hati. Bahkan meskipun anda sudah menghapus data-data tersebut menggunakan fitur ‘factory reset’ atau ‘delete all’ yang tersedia.

Anda tidak cukup dengan melakukan penghapusan data atau factory reset untuk menghapus data yang ada di smartphone Android. Ada beberapa langkah lain yang perlu dilakukan untuk membuat anda benar-benar merasa aman dan memberi rasa ketenangan guna mengamankan data pribadi Anda di perangkat Android dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

1. Lakukan Enkripsi

Sebelum melakukan wipe (hapus data), anda disarankan untuk melakukan enkripsi perangkat terlebih dahulu. Adapun tujuan dari proses enkripsi ini adalah untuk mengacak data pada perangkat anda dan diperlukan langkah khusus untuk menguraikan kembali enkripsi yang sudah anda terapkan.

Adapun cara melakukan enkripsi data di perangkat Android adalah dengan masuk ke menu Setting >> Security >> dan pilih Encrypt Phone.

2. Lakukan Factory Reset

Anda bisa melakukan factory reset (kembali ke pengaturan pabrik) dengan cara masuk ke menu Setting >> Back Up and Reset >> lalu pilih Factory Data Reset.

Langkah ini akan menghapus semua data pada ponsel anda. Maka dari itu anda terlebih dahulu harus mem-backup data yang sekiranya penting dan ingin diselamatkan sebelum langkah ini dilakukan.

loading...
Loading...
Tips Cara Membersihkan Data di Android | akbar | 4.5