Tips Cara Aman Mudik Lebaran Bersama Anak

Halaman: 1 2

Libur lebaran adalah momen yang paling ditunggu. Pulang ke kampung halaman memang banyak menjadi pilihan saat libur lebaran untuk bertemu dan berkumpul dengan keluarga maupun kenalan lama.

Saat musik lebaran, biasanya jalanan akan padat merayap, dan bahkan bisa jadi akan banyka terjadi kemacetan di beberapa lokasi.

Mudik adalah hal yang paling menyenangkan bagi setiap keluarga, apalagi jika si kecil ikut serta. Nah, berikut ini adalah tips mudik lebaran bersama anak yang bisa anda ikuti agar mudik anda bersama anak jadi lebih menyenangkan dan tanpa terganggu oleh rengekan si kecil sebagaimana dikutip dari YKAI.net, Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia.

Persiapan untuk Mudik

Membawa anak bersama untuk mudik pastilah anda bisa membayangkan betapa repotnya nanti. Karenanya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat mudik. Berikut beberapa diantaranya:

1. Siapkan Mental

Saat sadar bahwa perjalanan ini akan membosankan dan melelahkan anak, cepatlah berpikir bahwa “semuanya akan berjalan dengan lancar bila saya mempersiapkan semuanya dengan baik.” Kebahagiaan saat anak bertemu dengan semua keluarga akan menghapus kekhawatiran anda.

2. Jaga Kesehatan

Pastikan anda dalam keadaan sehat untuk melakukan perjalanan. Hal ini penting karena anda harus menyediakan waktu dan tenaga anda untuk mendampingi anak dan periksalah kesehatan anak sehari sebelum melakukan perjalanan. Jangan melakukan perjalanan jika kesehatan anak sedang terganggu. Lebih baik menunda perjalanan sampai kondisi kesehatan anak normal.

3. Buat Daftar Keburuhan Anak

Buat daftar keperluan anak agar tidak ada yang tertinggal maupun terlupakan. Jangan membawa peralatan atau perlengkapan secara berlebihan karena akan membuat kendaraan menjadi penuh.

4. Periksa Mobil

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, maka penting untuk melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan dan pastikan semuanya baik-baik. Jangan lupa membawa perlengkapan mobil, seperti : senter, pompa ban, ekstra ban, segitiga pengaman, dongkrak, payung, perlengkapan P3K, dst. Beri ruang yang lega bagi tempat anak agar ia bisa bergerak dengan leluasa dan tidur dengan nyenyak. Sebaiknya kendaraan dilengkapi dengan tape dan lagu anak-anak agar anak tidak bosan selama perjalanan.

5. Peta Jalur Mudik

Bawa peta jalur mudik yang menyediakan jalur alternatif secara detil dan jelas. Lengkapi peta dengan beberapa nomor penting yang akan memberikan info penting terkait perjalanan anda.

6. Kapan Berangkat Mudik?

Perhatikan jam berangkat agar terhindar dari kemacetan jalan. Dengan memperhitungkan lamanya perjalanan, maka bisa ditentukan waktu yang nyaman untuk melakukan perjalanan.

Selanjutnya adalah persiapan mudik untuk anak..

loading...
Loading...
doa berkumpul dg keluarga

Tips Cara Aman Mudik Lebaran Bersama Anak | akbar | 4.5