Tips Cara Aman Mengambil Foto Gerhana Matahari Total

Fenomena gerhana matahari total yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 ini adalah karang terjadi dan sangat langka. Karena itu tidak mengherankan bila antusias masyarakat begitu besar untuk dapat melihat gerhana matahari total secara langsung. Berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyambut gerhana matahari. Salah satunya adalah usaha untuk mengabadikan gerhana dalam kamera.

Namun ada yang perlu diingat dalam mengambil foto gerhana matahari total ini. Karena bila tidak berhati-hati, dapat membahayakan kesehatan mata. Melihat matahari saat gerhana dengan mata telanjang dapat membakar retina mata, demikian menurut Alex Ionides, dokter konsultan bedah mata di Moorfields Hospital, London, kepada Mirror Online.

Tips Cara Aman Mengambil Foto Gambar Gerhana Matahari Total

Nah, bagi anda yang ingin mengabadikan momen langka gerhana matahari total, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan bila anda ingin memotret gerhana matahari dengan aman. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Jangan Melihat Langsung pada Gerhana

Karena dapat merusak retina mata, maka melihat langsung gerhana matahari dengan mata telanjang sangat tidak dianjurkan.

2. Gunakan Kacamata

Saat ini sudah ada kacamata yang didesain khusus untuk melihat gerhana dan sudah banyak dijual di pasaran. Kacamata yang baik akan melindungi mata anda ketika menatap matahari.

3. Melalui Media Lain

Bila anda tidak beruntung tidak bisa menemukan kacamata yang baik, maka anda bisa melihat gerhana melalui smartphone atau kamera digital. Namun jangan arahkan secara langsung ke gerhana karena itu juga masih bisa merusak mata dan kamera.

4. Gunakan Tripod

Bila anda ingin mendapatkan foto gerhana matahari total yang bagus, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan tripod. Carilah posisi yang bagus ketika matahari tertutup sempurna pada 9 Maret mendatang.

5. Gunakan Optical Zoom

Untuk mendapatkan gambar gerhana yang baik, maka anda membutuhkan kamera yang setidaknya dapat melakukan 12x optical zoom. Karena bila tidak maka matahari akan tampak sangat kecil.

6. Gunakan Film Astrosolar

Ada baiknya menggunakan ‘Film astrosolar’ pada lensa untuk memotong beberapa silau intens dari matahari. Ini pada dasarnya adalah sepasang kacamata pelindung untuk kamera yang akan mengurangi cahaya tampak yang masuk ke kamera dan akan membiarkan anda untuk mendapatkan gambar gerhana matahari yang lebih tajam.

7. Menangkap Foto dengan Kreatif

Untuk anda yang hanya memiliki kamera smartphone, maka anda bisa mengambil time-lapse sehingga gambar yang didapat lebih berkesan. Atau bila tidak anda juga bisa mengambil foto landscape.

Itulah beberapa cara mengambil gambar foto gerhana matahari total agar hasilnya lebih sempurna dan tentu saja juga membuat mata anda aman saat melakukan pengambilan gambar foto gerhana matahari total tersebut. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads

Loading...
Tips Cara Aman Mengambil Foto Gerhana Matahari Total | akbar | 4.5
foto detik detik melahirkan, ciri kerusakan mata setelah gerhana, menjemur pakaian saat gerhana matahari