Tips Cara Aman Berkendara Saat Kondisi Jalanan Tertutup Oleh Kabut Asap

Halaman: 1 2

Kabut asap akibat dari kebakaran hutan masih menyelimuti beberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya mengganggu kesehatan, namun kabut asap juga mengganggu transportasi baik laut, darat, maupun udara. Akibat dari kabut asap yang menyelimuti jalanan adalah berkurangnya jarak pandang yang secara otomatis akan membuat kondisi berkendara menjadi kurang aman bila dibanding keadaan normal.

Nah, bila anda ingin berkendara, misalnya akan keluar kota, maka ada beberapa cara yang bisa anda lalukan agar tetap aman berkendara di situasi jalan yang tertutup kabut asap seperti sekarang ini. Berikut diantaranya.

1. Pakaian perlengkapan berkendara

Untuk anda yang menggunakan sepeda motor, tetaplah menggunakan perlengkapan sesuai dengan yang diajurkan saat berkendara. Misalnya saja seperti jaket, helm, sarung tangan, dan sepatu. Jangan lupa, gunakan juga masker untuk menjaga kesehatan pernapasan.

Sementara bagi yang menggunakan roda empat, sebaiknya anda cek terlebih dahulu kondisi filter udara yang masuk ke kabin atau jika perlu juga gunakanlah masker walaupun ancaman asap tak separah pengguna kendaraan roda dua. Selain itu, jangan lupa untuk tetap menggunakan sabuk pengaman sebagai pengaman anda di belakang kemudi.

2. Rencanakan rute perjalanan

Saat akan berangkat, sebaiknya anda rencanakan dulu rute perjalanan yang akan dilalui. Pilihlah jalur yang sekiranya paling cepat dan tidak terkena macet. Hal ini berfungsi untuk mengefisiensi waktu perjalanan sehingga risiko anda menghirup asap di kondisi ruang terbuka bisa diminimalisir.

3. Gunakan lampu depan dan pastikan menyala

Baik anda yang menggunakan sepeda motor atau mobil, tetaplah menyalakan lampu ketika berkendara di jalanan yang berkabut dan menghalangi jarak pandang. Hal ini bertujuan agar pengguna jalan lainnya bisa mengetahui posisi anda lebih jelas.

loading...
Loading...
cara mengatasi kabut asap waktu mengendarai mobil

Tips Cara Aman Berkendara Saat Kondisi Jalanan Tertutup Oleh Kabut Asap | akbar | 4.5