Tips Bagaimana Cara Mengobati dan Mencegah Flu

Cara Mengobati Flu dan Cara Mencegah FluFlu adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala flu biasanya ditandai dengan batuk, demam, hidung mampet, nyeri disekujur tubuh, bersin-bersin, mudah lelah dan juga sakit pada tenggorokan. Sakit flu hampir pernah dirasakah oleh semua orang. Flu biasanya menyerang pada musim pancaroba, terutama menyerang mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

Sakit flu sebenarnya tidak memerlukan penanganan dan pengobatan khusus. Pasalnya, flu bisa sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari sejak terjangkit virus flu. Wahyu Triasmara dalam tulisannya di Kompasiana menerangkan bahwa bila flu yang menyerang adalah flu ringan, maka yang perlu dilakukan saat flu agar bisa segera sembuh adalah:

  1. Istirahat yang cukup
  2. Memperbanyak asupan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi
  3. Memperbanyak asupan buah dan sayuran terutama yang mengandung vitamin C

Namun bila kondisi flu yang menyerang dirasa cukup berat dengan disertai gejala, maka bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan seperti:

  1. Bila ada rasa demam, nyeri pada persendian, otot dan tulang berikanlah obat anti nyeri dan anti panas (analagetik/anti piretik).
  2. Bila hidung meler dan tersumbat berikanlah (dekongestan) sebagai pelega nafas.
  3. Bila bersin, hidung gatal, sakit tenggorokan berikan (anti alergi/anti histamin) untuk mengatasinya.
  4. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda juga bisa bantu dengan konsumsi suplemen berupa Vitamin C atau suplemen imunnomodulator yang lain.

Penggunaan antibiotik pada penderita flu tidaklah diperlukan. Kecuali bila memang ditemukan tanda infeksi sekunder akibat bakteri yang biasanya ditandai dengan perubahan warna lendir hidung dari jernih menjadi kuning atau kehijauan, suara menjadi serak dan nyeri menelan.

loading...

Tidak hanya sekedar bagaimana cara mengobati flu yang harus diperhatikan, namun juga bagaimana cara mencegah flu agar tidak datang menyerang. Beberapa langkah mudah bisa dilakukan untuk mencegah sakit flu di antaranya adalah dengan:

  1. Rajin mencuci tangan terutama saat makan atau setelah berjabat tangan.
  2. Jauhkan tangan anda dari hidung agar kuman penyakit tak mudah masuk.
  3. Istirahat yang cukup.
  4. Olahraga yang teratur.
  5. Konsumsi makanan sehat dan bergizi.
  6. Jika diperlukan Vaksin Flu bisa membantu mencegah penyakit ini.
  7. Hindari / batasi kontak langsung dengan penderita Influenza.
  8. Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan.
  9. Biarkan sinar matahari masuk kedalam rumah / tempat anda beraktivitas.
  10. Hindari stress dan hiduplah lebih bahagia.

Demikian informasi tentang cara mengobati flu dengan tanpa harus minum obat flu juga tentang bagaimana cara mencegah sakit flu. Semoga dapat meberikan manfaat. Sekian dan terima kasih.

loading...
Loading...
Tips Bagaimana Cara Mengobati dan Mencegah Flu | chsa | 4.5