Tips Aman Berpuasa untuk Penderita Anemia

Halaman: 1 2

Penderita anemia yang ingin berpuasa harus berhati-hati dalam menjaga makanan yang dikonsumsi baik untuk makan sahur ataupun berbuka puasanya. Pasalnya, tidak sedikit penderita anemia yang tidak bisa mengatur menu. Makan makanan selama berpuasa bagi penderita anemia tidak boleh asal kenyang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar puasa tidak semakin memperparah penyakit dan membahayakan tubuhnya.

Pengertian Anemia

Anemia adalah keadaan di mana tubuh kekurangan hemoglobin (protein yang mengandung zat besi) dan enitrosit (sel darah paling banyak dan berfungsi membawa oksigen ke jaringan-jaringan tubuh lewat darah), sehingga nutrisi dan oksigen tidak dapat didistribusikan secara optimal ke seluruh tubuh. Umumnya, kekurangan zat besilah yang menjadi penyebab anemia pada wanita.

Gejala Anemia

Gejala-gejala yang sering muncul pada penderita anemia diantaranya adalah tubuh mudah lelah, pusing, dan kurang bersemangat. Pada kondisi yang cukup berat, maka biasanya akan timbul rasa pusing yang disertai dengan mata berkunang-kunang. Sementara untuk tanda-tanda anemia yang mudah dikenali diantaranya adalah wajah menjadi pucat, terutama terlihat pada warna bibir, lidah, dan kelopak mata.

Penyebab Anemia

Kurangnya mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi, banyak mengeluarkan zat besi akibat haid atau pendarahan serta penyerapan yang kurang adalah penyebab anemia yang sering terjadi pada wanita. Dengan berpuasa, maka kondisi kekurangan darah ini bisa jadi semakin memburuk, terlebih bila penderita anemia kurang memperhatikan menu makanan selama bulan puasa.

loading...
Loading...
Tips Aman Berpuasa untuk Penderita Anemia | akbar | 4.5