Tips Agar Produksi ASI Tetap Lancar dan Berkualitas Saat Puasa

Halaman: 1 2

Ibu menyusui membutuhkan energi dan juga nutrisi yang lebih banyak. Hal ini adalah demi menjaga kesehatan ibu dan juga si bayi. Karena itulah maka sebenarnya Islam memperbolehkan bagi ibu menyusui untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan. Namun, ibu menyusui pun dipersilahkan bila tetap ingin berpuasa. Selama ibu bisa menjaga kondisi tubuhnya dan asupan nutrisi, maka tidak ada alasan untuk ibu menyusui tidak berpuasa.

Cara Menjaga Kualitas dan Produksi ASI Ibu Menyusui Selama Berpuasa

Menurut hasil penelitian, puasa dalam waktu yang tidak berkepanjangan sebenarnya tidak mengurangi asupan nutrisi dan produksi ASI. Namun, produksi ASI bisa saja berkurang bila ibu mengalami dehidrasi.

Berkurangnya produksi ASI selama berpuasa ini biasanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Karenanya, ibu menyusui bisa menerapkan tips berikut ini untuk menjaga kualitas dan produksi ASI agar tetap terjaga selama berpuasa:

1. Penuhi kebutuhan serat

Asam lambung lebih mudah melonjak selama berpuasa dan ini bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada perut dan mulut. Hal ini juga bisa mempengaruhi ASI pada ibu. Untuk mencegahnya maka ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan serat dengan cara mengonsumsi sayuran. Selain untuk mencegah konstipasi pada ibu, sayuran juga kaya akan kandungan serat, vitamin A, karoten, lycopene, dan juga zat antioksidan lainnya. Tidak hanya itu saja, sayuran yang kaya serat juga bisa membuat ibu merasa kenyang lebih lama.

2. Memperbanyak minum air

Ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cara memperbanyak minum air untuk mencegah dehidrasi dan pengurangan produksi ASI. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, ibu menyusui bisa juga mendapatkannya dengan cara mengonsumsi buah dan sayuran.

loading...
About these ads

Loading...
Tips Agar Produksi ASI Tetap Lancar dan Berkualitas Saat Puasa | akbar | 4.5