Ternyata, Sungai Tamborasi di Indonesia Adalah Sungai Terpendek Ke 2 di Dunia

Semua orang juga pasti tidak asing jika ditanyakan sungai terpanjang di dunia, jawabannya pasti Sungai Nil. Namun, tahukah anda dengan sungai terpendek di dunia? Dan kerennya, sungai terpendek ke dua di dunia ada di Indonesia, tepatnya di Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Sungai ini bernama Sungai Tamborasi dengan panjang yang hanya 20 meter saja. Panjang sungai ini hanya berbeda 2 meter dengan sungai Reprua di Georgia yang mempunyai panjang 18 meter sebagai sungai terpendek di dunia.

Nah, sungai unik ini bisa dijadikan salah satu destinasi yang bisa anda kunjungi kalau sedang berada di Sulawesi tenggara. Sumber air berasal dari celah bebatuan yang ada di hulu sungai ini. Air mengalir sangat tenang, sehingga tidak terlihat bahwa air di sini mengalir.

Sungai ini langsung berhubungan langsung dengan Pantai Tamborasi. Namun anda jangan salah, walaupun demikian sungai ini mempunyai air yang segar. Biasanya, sumber air di sekitaran pantai meskipun pantai namun akan terasa hangat dan kurang enak. Namun, berbeda dengan air yang berada di sungai Tamborasi ini.

Ketika anda mengunjungi Pantai Tamborasi, anda bisa bermain-main di tepi pantai atau anda bisa berendam dan berenang di sungai yang mempunyai air segar ini. Semuanya sangat menyenangkan dan pastinya anda ingin melakukannya saat sudah berada di sana.

Ada mitos yang berkembang pada masyarakat sekitar yang tinggal di sekitaran Pantai Tamborasi. Konon katanya jodoh akan segera menghampiri siapa saja pengunjung yang dapat mengikatkan tali pada akar pohon di sekitaran sungai. Jika pengunjung yang bisa melakukannya itu telah menikah, maka hubugan rumah tangganya akan semakin harmonis.

Bagi anda yang ingin mengunjungi sungai unik yang merupakan sungai terpendek kedua di dunia ini bisa datang ke Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Lokasi ini dapat diakses menggunakan akses udara, darat dan laut. Untuk menggunakan akses udara, anda bisa berangkat dari Bandara Sultan Agung di Makassar yang menuju ke Bandara Sangia Nibandera Kolaka, hanya memakan waktu tempuh 50 menit.

Jika anda menggunakan jalur darat akan menghabiskan waktu sekitar 3 – 4 jam, dengan rute Kota Kendari – Kolaka. Sedangkan menggunakan jalur laut anda akan mengalami durasi paling lama, yakni 11 jam. Anda harus berangkat dari Pelabuhan Makassar menuju ke Pelabuhan Bojo yang berada di Kabupaten Bone, waktu tempuh sekitar 3 jam. Perjalanan belum selesai, anda masih harus menempuh 8 jam dari Pelabuhan Bojo ke Pelabuhan Kolaka dengan menggunakan kapal ferry.

Dengan alasan rumitnya perjalanan, mungkin anda bisa paham mengapa salah satu sungain unik terpendek di dunia tidak seterkenal sungai-sungai lain seperti Sungai Kapuas.

Jika anda berasal dari luar kota tentu saja membutuhkan waktu yang lama dan harus menginap. Penginapan sebaiknya dicari di Kota Kolaka. Fasilitas yang ada di sekitaran Pantai Tamborasi hanya ada Gazebo dan beberapa kamar mandi untuk berbilas. Beberapa tenda penjaja makanan bisa anda temukan di sekitaran pantai dan sungai ini.

Indonesia memang mempunyai banyak sekali tempat-tempat indah yang perlu dieksporasi. Mungkin banyak yang kurang dikenal masyarakat dikarenakan kurangnya akses dan fasilitas yang memadai di sekitaran tempat tersebut.

Padahal, jika kita kalkulasikan, seumur hidup kita tidak akan cukup untuk bisa mengeksplorasi seluruh keindahan Indonesia. Sekali-kali, carilah tempat indah di Indonesia yang belum banyak terjamah seperti Sungai Tamborasi ini.

loading...
Loading...
Ternyata, Sungai Tamborasi di Indonesia Adalah Sungai Terpendek Ke 2 di Dunia | akbar | 4.5