Ternyata Kanker Payudara Juga Bisa Menyerang Pria

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker pembunuh yang paling ditakuti kaum wanita. Namun, tahukah anda bahwa ternyata kanker payudara juga bisa menyerang pria?

Ya, walaupun selama ini kanker payudara diketahui banyak menyerang wanita, namun bukan berarti para pria bisa tenang. Karena faktor risiko kanker payudara juga bisa disebabkan dari genetik.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Ahli genetika dari Fox Chase Cancer Center di AS, Dr Mary Daly, jika kemungkinan genetik memang bisa terjadi pada pria ataupun wanita. Karena itu penting untuk mengetahui gejala kanker payudara seperti benjolan di dada.

“Jika ibu Anda memiliki kanker payudara, coba lakukan pemeriksaan rutin setahun sekali. Sebab dalam beberapa kasus, kanker ini dipicu oleh gen yang bermutasi dari BRCA1 atau BRCA2, yang dapat diwariskan oleh laki-laki dan perempuan,” katanya, seperti dikutip Menshealth, Sabtu (9/5/2015).

Menurut Daly, bila ada seorang ibu yang memiliki salah satu mutasi gen saja, maka kemungkinan anda akan memiliki 50 persen risiko kanker payudara. Meskipun risikonya jauh lebih kecil pada pria atau hanya 1,2 persen saja dibandingkan perempuan yang mencapai 6,8 persen, namun anda tetaplah harus berhati-hati.

Cara Mencegah Kanker Payudara pada Pria

Untuk cara mencegah kanker payudara bagi kaum pria, maka selain melakukan pemeriksaan secara rutin, juga perlu melakukan olahraga untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan ramping sehingga bisa mengurangi risiko terkena kanker prostat dan juga kanker payudara pada pria.

loading...
Loading...
Ternyata Kanker Payudara Juga Bisa Menyerang Pria | akbar | 4.5