Terapi untuk Mengatasi Anak Terlambat Bicara

Siapa hati orang tua yang tidak akan sedih saat mengetahui anaknya ternyata terlmbat bicara. Padahal anak mulai bergaul dengan teman sebayanya ketika saat usia tiga tahun ke atas. Karena itu, kemampuannya dalam berbicara sangat penting dalam pergaulan.

Namun adakalanya anak mengalami keterlambatan bicara. Di mana pada usia tersebut masih belum bisa berbicara secara lancar, sehingga harus dilakukan terapi. Sebagai orang tua, anda tidak perlu bingung, karena sejatinya kini ada terapi sederhana untuk mengatasi anak lambat bicara.

Karena jika terapi tidak dilakukan, salah satu masalah yang ditimbulkannya anak mulai memukul kepalanya sendiri atau menarik baju lantaran tidak bisa mengutarakan keinginan.

Cara Terapi untuk Mengatasi Anak yang Terlambat Bicara

Berikut adalah cara terapi sederhana untuk mengatasi anak lambat bicara yang bisa orang tua lakukan:

loading...

– Saat tidak ditonton, matikan televisi. Karena suara televisi mengganggu konsentrasi anak dalam mendengar percakapan.

– Ajari anak bahasa isyarat.

– Gunakan flash card bergambar sederhana, dan minta anak untuk menyebutkan dan mengulangi apa yang dilihatnya.

– Berlatih meniup sedotan misal meniup kapas di meja. Cara sederhana ini membantu menguatkan otot wajah dan mulut yang banyak digunakan saat bicara.

– Anak juga bisa dilatih dengan minum menggunakan sedotan. Pilihkan sedotan unik sehingga anak merasa tertarik melakukan aktivitas ini.

– Taruh benda kesukaan di luar jangkauan, sehingga anak terpancing bicara meminta bantuan untuk mengambilnya. Ajarkan anak untuk meminta bantuan menggunakan bahasa isyarat dan ajarkan cara pengucapannya.

– Selalu puji anak saat ia berusaha atau berhasil dalam melakukan berbagai aktivitas tersebut.

Demikian tips cara melakukan terapi untuk mengatasi anak yang terlambat bicara sebagaimana yang dikutip dari Tabloid Nakita.

loading...
Loading...
Terapi untuk Mengatasi Anak Terlambat Bicara | akbar | 4.5