Tempe, Makanan Ajaib Dari Indonesia yang Kaya Nutrisi

Menurut Roy Sparringa, M.App.Sc yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia atau BPOM RI, tempe merupakan makanan paling ajaib yang terdapat di Indonesia dan juga dunia. Ia mengatakan bahwa proses untuk membuat tempe memang sangat menjijikan. Namun masyarakat masih saja gemar menyantapnya dan juga tidak mengalami keracunan.

Proses membuat tempe saja kadang harus diinjak-injak. Namun sangat jarang atau bahkan tidak pernah orang yang mengkonsumsinya akan mengalami keracunan. Meski diinjak dalam proses pembuatannya tersebut, tempe tetap harus direndam dan juga dibersihkan terlebih dahulu ketika proses selanjutnya. Saat proses tersebut maka tumbuhlah asam lakak yang membuat zat patogen tidak bisa tumbuh di sekitar tempe.

Roy menambahkan bahwa tidak ada makanan fermentasi dari kedelai yang seaktif tempe. Yang mengejutkan adalah dengan adanya jumlah mikroba yang terdapat di dalam 1 gram tempe memiliki kandungan hingga miliaran. Namun tetap saja tempe cukup nikmat untuk disantap dan juga tidak bisa membuat penikmatnya mengalami permasalahan kesehatan dan juga keracunan.

Yang menjadi tempe semakin ajaib lagi adalah bahwa kandungan tempe sendiri cukup tinggi. Di dalam tempe terdapat vitamin B12 yang cukup tinggi dan tidak ditemukan di sayuran hijau manapun. Oleh sebab itu sangat pas dan juga cocok untuk disantap oleh mereka yang termasuk vegetarian. Vegetarian sendiri memang kerap kekurangan vitamin B12. Dan tempe sebagai jawaban yang pas.

loading...
Loading...
Tempe, Makanan Ajaib Dari Indonesia yang Kaya Nutrisi | akbar | 4.5