Teknik Cara Membuat Nasi Hijau yang Enak dan Wangi

Makan nasi kuning mungkin sudah biasa, namun bagaimana dengan nasi hijau?

Tidak kalah dengan nasi kuning, nasi hijau juga bisa menjadi pilihan lain makanan sehat yang bisa anda santap bersama keluarga di rumah. Cara membuat nasi hijau pun tidak terlalu sulit.

Cara Membuat Nasi Hijau yang Enak dan Wangi

Sama seperti nasi pada umumnya, nasi hijau juga terbuat dari beras biasanya, berwarna putih. Namun di sini kita menggunaan pewarna alami untuk membuat nasi menjadi hijau.

Untuk membuat nasi hijau, bahan alami yang bisa digunakan adalah daun pandan dan daun sawi hijau. Daun pandan dan sawi diblender sampai hancur lalu airnya disaring baru kemudian dimasak bersama beras. Penggunaan pandan sebagai pewarna hijau alami akan membuat nasi hijau menjadi lebih wangi dan juga menggugah selera.

Untuk proses cara memasak nasi hijau sama dengan memasak nasi pada umumnya. Beras yang sudah dicuci bersih kemudian dimasak bersama santan dan air daun pandan dan sawi. Hingga menjadi nasi aron, baru setelah itu nasi dikukus hingga matang.

Besarnya api yang digunakan dalam proses memasak nasi hijau harus diperhatikan. Perhatikan agar apinya jangan terlalu besar, gunakan api kecil saja, agar nasinya tidak gosong.

Setelah matang, nasi hijau bisa disajikan bersama berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, telur dadar, teri balado hingga tempe orik. Atau bisa juga disajikan sesuai selera anda dan keluarga. Selamat menikmati sajian lezat nasi hijau bersama keluarga di rumah.

loading...
Loading...
Teknik Cara Membuat Nasi Hijau yang Enak dan Wangi | akbar | 4.5