Tanda-tanda Orang Pikun

Pikun adalah gangguan terkait ingat seseorang yang biasnaya terjadi pada orang usia lanjut. Namun demikian, pikun sebenarnya juga bisa terjadi pada orang yang belum usia lanjut.

Walau sebenarnya antara pikun dan demensia adalah dua hal yang berbeda, banyak menganggap hal itu sama. Karena gejalanya memang mirip yaitu penderitanya sering lupa.

Bila demensia merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok gejala yang terdiri dari kehilangan ingatan, gangguan penilaian, disorientasi dan perubahan tingkah laku, yang cukup akut untuk mengakibatkan kehilangan fungsi. Sementara itu pikun adalah terminologi awam yang berkonotasi lupa. Tetapi pikun atau lupa pada usia lanjut bukanlah gejala demensia atau Alzheimer stadium awal, demikian menurut dr Arya Govinda Roosheroe, Sp PD-KGer dari Persatuan Gerontologi Medik Indonesiasebagaimana dikutip dari laman Kompas.

Gejala Orang yang Pikun

Adapun beberapa gejala yang dialami oleh orang yang mengalami pikun diantaranya adalah sebagaimana yang dikutip dari buku “Aku Bersyukur Ibuku Pikun” karya Irna Permanasari berikut ini:

loading...

1. Kehilangan memori tentang seseorang atau sesuatu yang baru saja diketahui. Tentu saja ini hanya hal-hal sepele seperti nama seseorang yang nanti akan diingat lagi.

2. Lupa cara mengerjakan sesuatu atau lupa urutannya.

3. Kebingungan soal waktu dan tempat. Biasanya akan terbangun di tengah malam dan menonton televisi seolah lupa waktu karena memorinya sudah mulai error.

4. Kesulitan dalam memahami tulisan. Misalnya, sulit membaca daftar belanja, buku telepon jadin untuk buku-buku tertentu sulit membaca atau mencarinya.

5. Sulit diajak berbicara, sehingga ketika makin ditanya makin bingung.

6. Tidak bisa menentukan jumlah, sehingga lupa bahwa ada istilah uang kecil uang besar dan lupa kembalian uang.

7. Meletakkan barang dengan sembarangan dan kemudian lupa.

8. Salah dalam membuat keputusan, misalnya salah pakai baju atau pakai kaos kaki yang tidak sewarna atau tidak dapat merawat diri.

9. Menarik diri dari kegiatan sosial, merasa curiga dan timbul pikiran negatif yang hanya ada di pikirannya sendiri.

10. Mood dan kepribadian berubah. Kadang berhalusinasi, misalnya rumahnya banyak hantu dan tidak mengenali anak-anaknya.

Orang yang pikun hanya mengalami 2 tanda. Namun bila sudah alami 10 tanda tersebut itu namanya pikun berat. Ada yang sampai lupa cara mengunyah, menimbulkan kesedihan keluarga.

loading...
Loading...
Tanda-tanda Orang Pikun | akbar | 4.5